Breaking News

YUK...!!! Ikut PTSL Program Strategis Yang Disubsidi Pemerintah

YUK...!!! Ikut PTSL Program Strategis Yang Disubsidi Pemerintah

Lhokseumawe, BERITAMERDEKA.net - Anda bisa mengurus Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap gratis, tanpa birokrasi yang berbelit. Simak syarat dan cara pembuatannya berikut ini.

Di Indonesia, kasus sengketa tanah dan sengketa lahan seringkali terjadi. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, karena banyak sekali tanah yang tidak didaftarkan pada badan pertanahan setempat. Dengan kata lain, tanah-tanah warga masih banyak yang belum memiliki surat atau sertifikat kepemilikan yang sah.


Masalah yang kerap terjadi salah satunya pengklaiman tanah oleh pihak lain karena sang pemilik asli tidak memiliki surat-surat yang lengkap.

Menanggapi masalah tersebut, Pemerintah pada akhirnya membuat program Pendaftaran Tanah Sisitematis Lengkap ( PTSL ) berhasil dibuat oleh Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak atas tanahyang dimiliki oleh masyarakat. PTSL memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum mendaftar tanah miliknya yang berada diseluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa atau kelurahan. PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.


Program gratis ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025. Nah, buat Anda yang belum mempunyai sertifikat tanah, sudah tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini.
Berikut ini penjelasan mengenai PTSL, BPN PTSL, syarat pembuatannya, hingga tahapannya, yaitu :


1. PTSL Adalah Program Sertifikat Tanah Gratis
2. Manfaat PTSL Bagi Pemilik Rumah
3. Pemutihan Sertifikat Tanah, Bagaimana Caranya?
4. Syarat Pengajuan PTSL
5. PTSL BPN
6. Tahapan Pelaksanaan PTSL

o *Penyuluhan*, Tahapan ini dilakukan oleh petugas BPN di wilayah desa atau kelurahan. Penyuluhan wajib diikuti oleh peserta PTSL.

o *Pendataan,* Pada tahap ini, petugas akan menanyakan riwayat kepemilikan tanah, seperti pemilik sebelumnya, dasar kepemilikan (apakah warisan, hibah, atau jual beli) dan riwayat pajak (BPHTB dan PPh)

o *Pengukuran,* Petugas akan mengukur dan meneliti batas-batas kepemilikan lahan. Pada tahap ini, pemohon harus dapat menunjukkan letak, bentuk bidang, luas tanah, serta batas bidang tanah. Selain itu, pengukuran lahan harus juga memerlukan persetujuan dari pemilik tanah yang berbatasan.

o *Sidang Panitia A*, Petugas akan meneliti data yuridis dan melakukan pemeriksaan lapangan. Selain itu, petugas yang terdiri tiga anggota BPN dan satu orang petugas desa/kelurahan, akan mencatat sanggahan, kesimpulan dan meminta keterangan tambahan.

o *Pengumuman dan Pengesahan*, Selama 14 hari pengumuman persetujuan pengajuan sertifikat tanah akan ditempel di kantor desa, kelurahan atau kantor pertanahan setempat.

o *Penerbitan Sertifikat*, Pada tahap ini, pemohon akan menerima sertifikat. Sertifikat tanah akan diserahkan oleh petugas dari ATR/BPN kepada pemilik.

7. Program PTSL Benar-benar Gratis?
8. PTSL 2020 Menargetkan Sertifikasi 10 Juta Bidang Tanah
Adapun biaya untuk program ini dibebankan kepada pemerintah atau dengan katta lain gratis ( tidak dipungut biaya ) .

Peserta PTSL hanya dibebankan untuk membayar penyediaan surat tanah, pembuatan dan pemasangan tanda batas, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan ( BPHTB ) jika terkena dan lain-lain seperti materai, Photocopy Leter C ataupun biaya saksi. (ADV )

Sponsored:
Loading...
Loading...