Breaking News

Gubernur Ingatkan :

Waspadalah Orang Masuk, Covid Serang Aceh Berasal dari Luar Daerah

Waspadalah Orang Masuk, Covid Serang Aceh Berasal dari Luar Daerah

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menegaskan bahwa Covid 19 yang menyerang Aceh saat ini, berasal dari luar daerah. "Rata-rata penderita Covid-19 di Aceh berasal dari luar daerah," tegas Nova Sabtu 27 Juni 2020 di Banda Aceh.

Menurutnya, kemudian terjadi transmisi lokal, dan bahkan membentuk klaster penularan baru. Karena itu, gubernur minta harus mewaspadai setiap orang yang datang ke Aceh.

Nova menambahkan, pihaknya bersama Forkopimda Aceh dan unsur terkait segera menyusun pedoman bagi masyarakat yang mau melakukan perjalanan lintas provinsi.

Pedoman tersebut memuat persyaratan keluar-masuk Aceh. 
Nova menilai, penting
rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi antara Gugus Tugas provinsi dengan kabupaten kota.

Sebagaimana sebelumnya, kasus konfimasi positif infeksi virus corona, penyebab penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kemarin Aceh bertambah lagi delapan orang, sehingga total kasus menjadi 77 orang. 

Hingga kemarin, akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.260 orang. 

"Tidak ada penambahan ODP baru hari ini," kata Saifulah Abdulgani, Jubir Covid Aceh.

ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 43 orang. Sedangkan sebanyak 2.217 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 121 kasus. Ada penambahan 2 kasus baru. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 3 orang. 

PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 117 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang. PDP itu meninggal pada 26 Maret 2020. 

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 terus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Jumlah kasus hingga saat ini sudah mencapai 77 orang--termasuk bayi, Balita, tenaga kesehatan, perawat, dan bahkan dua dokter.

"Pasien Covid yang sedang dirawat sebanyak 53 orang, sudah sembuh 22 orang, dan 2 orang meninggal dunia," tutupnya.(*)

Sponsored:
Loading...
Loading...