Breaking News

Warga Aceh Jaya Tanam Puluhan Ribu Bibit Demi Selamatkan Hutan Mangrove

Warga Aceh Jaya Tanam Puluhan Ribu Bibit Demi Selamatkan Hutan Mangrove

Calang, BERITAMERDEKA.net- Yayasan Ekowisata Manggrove desa Gampong Baroe(Sayeung) Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya menanam puluhan ribu bibit manggrove di kawasan sungai di desanya.

Penanaman  dilakukan pihak Yayasan Ekowisata Manggrove Bersama dengan warga setempat untuk menyelamatkan hutan manggrove di desanya dan ekosistem air agar tidak punah.

Abdul Hadi, selaku ketua yayasan ekowisata Manggrove menyampaikan, bibit yang ditanam pihaknya dan warga merupakan hasil dari penyemaian yang dilakukan pihak yayasan di desanya.

Menurutnya, untuk luas lahan yang ditanam kali ini seluas 25 hektar dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 82.500 batang di areal lahan hamparan kosong yang dihibahkan oleh masyarakat.

Ia menjelaskan, penanaman bibit Manggrove ini awalnya dari kementerian kelautan dan perikanan pusat di tahun 2020 untuk rehabilitasi lahan manggrove.

"Harapannya hutan manggrove ini bisa lestari kembali dan bisa menambah pendapatan ekonomi masyarakat sekitar," Abdul Hadi.

Dan ia selaku ketua Yayasan Ekowisata Manggrove mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik kementerian kelautan dan perikanan, Pemerintah Aceh Jaya, Dandim, Kapolres yang telah ikut mensport tentang penyelamatan hutan manggrove.

"Selaku masyarakat dan yayasan meminta pihak kementerian bisa melihat langsung semangat warga menyelamatkan hutan Manggrove," ujar Abdul Hadi.

Sementara, Sulaiman salah satu warga setempat menyampaikan, ia selaku warga sangat merasa senang dan bahagia terhadap kegiatan penanaman Manggrove di desanya.

Dan ia menjelaskan, selama adanya hutan manggrove di daerahnya pendapatan ekonominya lebih meningkat, bahkan sejumlah nelayan pun tidak bersusah payah mencari hasil tangkapannya baik udang, ikan, kepiting dan lainnya karena semua itu sudah tersedia di kawasan hutan manggrove.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk peningkatan ekonomi warga sekitar karena telah membantu rehab hutan manggrove," Ujar Sulaiman. |musliadi|

Sponsored:
Loading...
Loading...