Breaking News

Bank Aceh

Waled Marhaban dan Abon Armiya Pimpin Muhabasah Teungku di Gampong Ujung Batee

Waled Marhaban dan Abon Armiya Pimpin Muhabasah Teungku di Gampong Ujung Batee

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net -
Tgk H Marhaban Adnan (Pimpinan Dayah Al-Ashabul Yamin Bakongan), dan Tgk H Armiya Ahmad (Ketua MPU Aceh Selatan) memimpin Muhabasah Teungku se-Kluet Raya, bertempat di Mesjid Al-Istiqamah, Gampong Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Minggu (28/6/202).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Majelis Pengajian Muhabasah Teungku ( MPMT) wilayah Kluet Raya terdiri dari Kec. Pasie Raja, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Tengah, dan Kec. Kluet Timur.

Selain memimpin kegiatan Muhabasah Teungku, Waled Marhaban dan Abon Armiya Ahmad, juga memimpin kenduri jirat di Gampong Ujung Batee tersebut.

Acara tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Pasie Raja, Anggota DPRK Martunis, Imum Mukim, para Keuchik, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.

Tgk H Marhaban Adnan mengatakan, agama Islam ini wajib dijaga bersama. Jika tidak diperkokoh dengan benteng keislaman yang kuat maka itu akan sia-sia bagi generasi muda kedepan.

"Oleh karena itu mari kita memperkokoh ukhwah Islamiyah sehingga kita tidak terpengaruh dengan aliran - aliran sesat dan perkembangan zaman," ucapnya.

Hal itu, lanjutnya, sebagaimana pernah terjadi di negara - negara Islam dahulu bahwa pengaruh aliran - aliran sesat dan budaya barat telah berpengaruh terhadap generasi muda Islam.

"Semua itu bisa terjadi akibat kebodohan tentang pengetahuan ajaran Islam. Hal itu tidak mustahil bisa terjadi di Aceh jika kita lalai dalam memahami ajaran Islam tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua MPMT Tgk. Muhibbul Tibri menjelaskan, kegiatan mubahasah ini juga di sertai dengan kenduri jirat, dan terlaksana atas kerjasama semua pihak, baik panitia, pemuda dan masyarakat Gampong Ujung Bate.

"Majelis ini sudah terbentuk di wilayah Kluet Raya sejak tahun 2016, anggotanya terdiri dari para ulama, pimpinan dayah dan teungku dayah, pimpinan TPA, dan Balai Seumebet," jelasnya.

Dijelaskan juga, kegiatan muhasabah teungku ini telah berjalan setiap tahun disetiap kecamatan. Di Kecamatan Pasie Raja ini pertama kali dilaksanakan.

Kegiatan Mubahasah Teungku Kluet Raya dan pengajian tastafi  (Tauhid, Tasawuf dan Fiqih) membahas tentang Syariat, Tharikat, Hakikat, dan Makrifat.

"Maka dengan adanya kegiatan ini menjadi penggerak untuk membentengi diri kita dari berbagai aliran yang bertentangan dengan
prinsip ahlusunnah waljamaah," sebutnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Ujung Batee, Saiful mengucapkan terima kasih dan terharu atas kehadiran para ulama pada kegiatan Muhasabah Teungku se-Kluet Raya ini.

"Begitu juga saya mengucapkan terima kasih kepada unsur Forkopincam Pasie Raja, para Imum Mukim, para Keuchik, dan masyarakat yang telah mensukseskan kegiatan ini," tutupnya. | yati |

Sponsored:
Loading...