Breaking News

Wakil Walikota Langsa Minta Baitul Mal Realisasikan Bantuan Rumah Dhuafa

Wakil Walikota Langsa Minta Baitul Mal Realisasikan Bantuan Rumah Dhuafa
Wakil Walikota Langsa, Dr.H. Marzuki Hamid MM, Jumat (19/02/2021). |Syafrul|

Langsa, BERITAMERDEKA.net - Wakil Walikota Langsa, Dr.H. Marzuki Hamid, MM, membuka kegiatan rapat koordinasi Baitul Mal di aula Sekretariat Daerah Pemko Langsa, Jumat (19/02/2021). Dan saat membuka Rakor tersebut, Wakil Walikota menyarankan, agar baitul mal merealisasikan bantuan rumah dhuafa

Ia mengkritisi peraturan baitul mal yang menghambat proses penyaluran zakat maupun infak kepada masyarakat fakir miskin, khususnya bantuan rumah dhuafa.

“Seharusnya peraturan yang kita rumuskan, mempermudah dalam pelaksanaannya. Katakanlah, ada program bantuan rumah dhuafa, namun berbenturan dengan peraturan  provinsi, sehingga pemerintah kota tidak bisa merealisasikan program ini,” ungkap Marzuki.

Dikatakannya, apabila lambat menyalurkan bantuan, akan memperburuk citra baitul mal selaku pemerintah. Padahal, peraturan yang dibuat terlalu birokratis dan rumit.

“Karena itu, masukan bagi komisioner dan Sekretariat Baitul Mal Aceh maupun kabupaten/kota untuk melahirkan peraturan-peraturan yang mudah,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Baitul Mal Provinsi Aceh Dr. Abdul Rani Usman M.Si,  mengatakan Baitul Mal sudah menjadi lembaga pemerintah oleh sebab itu, lembaga tersebut, harus hadir untuk umat.

Sumber zakat, kata Abdul Rani, tidak semata-mata pada Aparatur Sipil Negara (ASN), bisa juga dari pedagang dan perkebunan, karena itu perintah Allah SWT.

“Sebenarnya tentang zakat itu, tidak memerlukan diskusi dan seminar lagi, sebab ini Firman Allah SWT, jadi kita tinggal.menjalankannya lagi,” kata Abdul Rani.

Senada itu, Kepala Baitul Mal Kota Langsa, Tgk.Alamsyah Abubakardin,  mengatakan agar dapat memperjuangkan bantuan rumah fakir miskin yang menjadi agenda sebelumnya.

"Namun, tahun 2018 program bantuan rumah tidak ada lagi, jika perlu Baitul Mal Aceh mengajak baitul mal kabupaten/kota untuk memperjuangkan program bantuan rumah fakir/miskin dimasukan dalam Qanun," singkat Alamsyah. | syafrul |

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...