Breaking News

Bank Aceh

Undangan Prosesi Pelantikan Nova Terbatas, Para Kadis pun Ikuti Lewat Virtual

Undangan Prosesi Pelantikan Nova Terbatas, Para Kadis pun Ikuti Lewat Virtual
Ilustrasi

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubèrnur Difinitif Aceh, berlangsung ditengah pandemi. Prosesinya lewat sidang paripurna DPRA undangannya sangat terbatas. Para Kepala Dinas (SKPA) juga akan mengikuti lewat virtual.

Kepala Biro Humas dan Protokol, Muhammad Iswanto kepada beritamerdeka.net Rabu malam mengatakan undangan sangat terbatas karena kondisi pandemi.

Banyak pihak diundang untuk ikut serta dalam prosesi pelantikan, namun diundang lewat wibinar."Kadis aja undangannya lewat virtual," ungkap Wanto.

Sebagaimana dibwritakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dipastikan akan melantik Nova Iriansyah, sebagai Gubenur Aceh definitif, besok.

Pelantikan akan berlangsung dalam rapat paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, mengatakan pelantikan Gubernur Aceh di tengah pandemi corona tersebut, digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. “Undangannya tidak seperti dulu, yang sampai ribuan, mungkin ratusan lah,” katanya.

Dia memastikan sebagian besar anggota DPRA akan berhadir saat prosesi tersebut. “Ini adalah bagian tugas legislatif dalam menjalakan konstitusi,” katanya.

Menurutnya, pelantikan akan digelar sesuai Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh atau UUPA. Sesuai ketentuan undang-undang tersebut, pelantikan Gubernur di Aceh dilakukan oleh Mendagri, bukan oleh Presiden Indonesia.
Hal itu tercantum dalam pasal 69 ayat c UUPA, yang berbunyi;

“Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur/Wakil Gubernur dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam rapat paripurna DPRA.”

Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur Aceh, menggantikan Irwandi Yusuf yang tersandung kasus korupsi. Dia sebelumnya adalah Wakil Gubernur Aceh yang terpilih dalam Pilkada 2017.

Selanjutnya, Nova menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, sejak Irwandi terjerat kasus korupsi dan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa malam, 3 Juli 2018. Saat ini, Irwandi sedang menjalani hukuman 7 tahun penjara di Lapas Sukamiskin, Bandung.(*)

Sponsored:
Loading...