Breaking News

Tol Sibanceh Beroperasi Akhir Juni, Banda Aceh - Sigli Ditempuh Satu Jam

Tol Sibanceh Beroperasi Akhir Juni, Banda Aceh - Sigli Ditempuh Satu Jam

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol yang Aceh-Sigli (Sibanceh) diperkirakan bisa beroperasi pada akhir Juni 2020. “Banda Aceh-Sigli juga sudah selesai tinggal peresmian saja, akhir Juni bisa dioperasikan,” kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020).

Untuk diketahui, Tol Aceh-Sigli merupakan ruas yang terhubung dengan Tol Trans Sumatera dengan ruas 2.974 kilometer (km).
Secara rinci, sepanjang 2.046 km merupakan main line dan 928 km merupakan feedder.

Saat ini sudah terbangun 646,5 km dan yang sudah beroperasi sepanjang 469 km, adapun sekitar 178 km siap dioperasikan.

Selain tol Aceh-Sigli, Basuki mengatakan ruas tol Pekanbaru-Dumai pun sudah siap dioperasikan. “Sebentar lagi Pekanbaru-Dumai sudah siap diresmikan 133 km,” ujarnya.

Perlu diketahui, ada 4 ruas tol baru yang siap beroperasi dalam waktu dekat. Keempat tol tersebut menurut Basuki akan diresmikan di bulan depan atau kemungkinan di akhir Juni 2020. Kendati demikian, yang dipastikan dan akan diresmikan dalam waktu dekat adalah adalah ruas Tol Banda Aceh-Sigli Seksi IV sepanjang 14 km.
“Tol itu sekarang sedang uji laik untuk diresmikan pengoperasiannya,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/5/2020).

Selain itu ada tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km yang juga tengah dalam proses uji laik fungsi. Lalu tol Manado-Bitung sepanjang 21 km dan Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km. (*)

Sumber:Cnbc
Sponsored:
Loading...
Loading...