Breaking News

Tgk. Amran: Potensi Daerah Harus Digali Sebagai Peluang PAD

Tgk. Amran: Potensi Daerah Harus Digali Sebagai Peluang PAD

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Selatan, kembali melaksanakan Rapat Evaluasi  Realisasi PAD Triwulan II Tahun 2021, Mengevaluasi capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), baik di sektor pajak maupun retribusi, di Ruang Rapat Lantai II Setdakab, Selasa (18/5/2021).

Rapat dipimpin Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran bersama Plt. Sekretaris Daerah (Sekda), Ir.H.Said Azhar, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab, Drs. H.T.Darisman, diikuti oleh seluruh Kepala SKPK.

Kepala BPKD Aceh Selatan, Syamsul Bahri didampingi Kabid Pendapatan dan Penagihan, Burhanuddin menyebutkan, rapat rutin, ini bertujuan untuk mengevaluasi realisasi PAD Kabupaten Aceh Selatan di masing-masing SKPK dan kecamatan yang saat ini memasuki triwulan II tahun berjalan.

BPKD berupaya untuk memaksimalkan potensi sumber pendapatan yang ada, seperti Pajak Sarang Burung Walet Gedung sebagaimana diatur dalam Qanun Nomor 9 Tahun 2011, serta beberapa sumber objek pajak lainnya yang terus digarap agar pendapatan daerah dapat ditingkatkan, sebutnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, mengatakan PAD penting sebagai salah satu sumber biaya pembangunan daerah, yang akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Potensi daerah harus digali sebagai peluang pendapatan yang dimiliki daerah, yang mungkin selama ini belum digarap dengan optimal.

Adapun peninjauan kembali tarif NJOP dengan kondisi terkini patut dicermati yakni, peningkatan pendapatan dari retribusi sampah, pemanfaatan keberadaan alat mesin pertanian (Alsintan) sebagai sumber pendapatan, serta optimalisasi pendapatan dari pajak kendaraan roda dua maupun roda empat, khususnya kendaraan dinas yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Selatan, tutupnya.|yati|

Editor:
Sponsored:
Loading...