Breaking News

Tgk. Amran: Jika Kesediaan Air Bersih Tidak Dijaga, Suatu Saat Akan Langka

Tgk. Amran: Jika Kesediaan Air Bersih Tidak Dijaga, Suatu Saat Akan Langka
Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran meresmikan proyek Pamsimas di Labuhan Haji. (Beritamerdeka.net/Yati)

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, apabila tidak dijaga akan menjadi barang langka dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu, keberadaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) harus dimanfaatkan,  dengan bersama-sama menjaga fasilitas yang telah dibangun.

Hal ini disampaikan Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, saat meresmikan proyek Pamsimas di Gampong Tengah Iboh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Sabtu (20/03/2021).

Tgk. Amran didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S.Pd.I,  menyebutkan proyek Pamsimas di Gampong Tengah Iboh ini, merupakan salah satu dari  delapan lokasi proyek Pamsimas yang bersumber dari Dana APBN Tahun Anggaran 2020.

Adapun lokasi Pamsimas di Aceh Selatan, meliputi Gampong Hulu Pisang dan Bakau Hulu Kecamatan Labuhan Haji, Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Sawang, Gampong Gadang Kecamatan Samadua, Gampong Pucuk Krueng dan Ladang Teungoh Kecamatan Pasie Raja, Gampong Cot Bayu Kecamatan Trumon Tengah.

Selain itu, terdapat pula proyek Pamsimas yang bersumber dari Dana APBK Aceh Selatan, yang dilaksanakan di Gampong Alur Kejruen Kecamatan Kluet Tengah, dan Gampong Jambo Papeun Kecamatan Trumon Tengah. 

Program Pamsimas merupakan salah satu program andalan Kementerian PUPR yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat di pedesaan, selain pembangunan fasilitas, program ini juga melibatkan konsultan pendamping yang juga didanai melalui APBN, ujarnya.

Jalur koordinasi pelaksanaan program Pamsimas di kabupaten adalah melalui Bappeda, Dinas Perkim, DPMG dan Dinas Kesehatan.

Turut hadir pada kesempatan ini, Camat Labuhan Haji Barat, H. Said Suhardi, S.Pd, Kabid Perencanaan Pembangunan Bidang Sarpras Bappeda Syaiful Kamal ST. MT., konsultan pendamping, serta perwakilan dari masyarakat penerima manfaat.|yati|

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...