Breaking News

Telur Merangkak Naik

Telur Merangkak NaikFOTO: Rusli Ismail
Pedagang telur di Neusu, Banda Aceh

Banda Aceh,BERITAMERDEKA.net – Sejak tiga pekan terakhir harga telur ayam di tingkat grosir di Kota banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, dilaporkan mengalami kenaikan naik.

Kenaikan harga telur di tingkat grosir mencapai Rp2.000 per papan atau dari Rp41.000 menjadi Rp43.000.

Merangkaknya harga telur ayam itu tentu terjadi bervariasi, karena ada pedagang yang menjual diatas Rp45.000 per papan. Kenaikan tidak berlaku di tingkat pedagang atau kios pengecer, mereka menjual di atas harga dari pedagang grosir, yakni antara Rp46.000 hingga Rp47.000 per papannya.

Seorang ibu rumah tangga (IRT) warga Desa Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Erlisa, Minggu 12 Juli 2020 mengatakan, harga telur di pasaran mulai naik sejak pertengahan Juni 2020 hingga saat ini.

Dikatakan Erlisa, hingga hari ini, harga telur ayam ras dan telur ayam kampung terus mengalami. Dikhawatirkan menjelang Idul  Adha 1441 Hijriyah harganya semakin tinggi karena permintan meningkat.

Masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga merasa khawatir dengan kondisi ini, karena saat sekarang mereka memang sangat membutuhkan bahan pokok ini guna membuat makanan menu sehari-hari atau kue lebaran nanti.

Seorang pedagang grosir di Pasar Induk Lambaro mengatakan, kenaikan harga telur itu, karena dalam waktu dekat ini akan dicairkan pemerintah bantuan non tunai untuk keluarga penerima manfaat (PKM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI serta menghadapi Lebaran Idul Adha 1441 Hijriyah.

“Jadi, stok telur di pasaran pasti berkurang, karena para toke dari Medan memiliki orderan yang besar untuk pembelian telur dalam paket PKH,” ujarnya.

Sedangkan, pedagang di Pasar Kampong Baro, Banda Aceh, Iwan, beralasan, kenaikan harga dipicu stok yang menipis karena harus didatangkan dari Medan. Terlebih permintaan mulai meningkat, apalagi menjelang Hari Raya nanti.

“Jadi mau tidak mau kami pun ikut menaikkan harga,“ kata Iwan.| Rusli Ismail |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...