Breaking News

Tambang Emas Tradisional Menggamat, Kembali Menelan Korban

Tambang Emas Tradisional Menggamat, Kembali Menelan Korban
Lokasi penambangan saat mengevakuasi korban (Beritamerdeka.net/Yati)

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Kembali, tambang emas tradisional menelan korban. Delapan pekerja tambang tertimbun tanah longsor di dalam lubang galian di lokasi tambang PT PSU di Gampong Simpang Dua, Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Minggu kemarin, sekira pukul 02.00 WIB.

Masyarakat di Kluet Tengah dan Kluet Raya, diijinkan menambang di lokasi mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. Dan naas, dinihari Ahad kemarin, tanpa diduga langit-langit lubang galian ambruk. Sejumlah warga yang mencoba mengais rezeki di lubang tambang itu pun tertimbun longsoran.

Sejumlah masyarakat dan penambang yang berada di lokasi kejadian, segera menolong dan mengevakuasi para korban dengan cara menggali tanah timbunan. Satu jam kemudian korban berhasil dievakuasi.

Lima orang tertimbun di dalam lubang, sedangkan tiga orang lagi berhasil menyelamatkan diri, karena berada diseputar pintu lubang. Ketiganya mengalami luka ringan, lalu, tiga orang lainnya, mendapat  luka berat, dan dua orang meninggal dunia.

Di lokasi tambang sebelum kejadian (Beritamerdeka.net/Ist)

Korban di evakuasi ke Puskesmas Menggamat Kluet Tengah di angkut menggunakan mobil ambulance. Sebagian korban lagi di evakuasi dengan kendaraan roda dua.

Korban luka berat, Razali (36) warga Gampong Ie Mirah, Kecamatan Pasie Raja--luka robek di kepala. Al Hafid Danil Ulia Rafi (21) warga Gampong Baro, Kecamatan Pasie Raja--luka robek di kepala. Dan Satriwan, Gampong Silolo, Kecamatan Pasie Raja, luka di tangan, sesak napas, dan belum sadarkan diri.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho S.IK. SH. MH. melalui Kapolsek Kluet Tengah, Iptu Jamaludin, Senin (15/3/2021), mengungkapkan dua orang penambang meninggal dunia masing-masing adalah AlKindi Nur (47) asal Gampong Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara, dan Muswardi (27) asal Gampong Tepin Gajah, Kecamatan Pasie Raja. |yati|

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...