Breaking News

Tahun Ini Musibah Terbesar bagi Ummat Muslim

Tahun Ini Musibah Terbesar bagi Ummat MuslimFOTO: Rusli Ismail
Shalat Idul Adha di Masjid Jami’ As-Sadaqah Lamlagang

Banda Aceh,BERITAMERDEKA.net – Musibah yang paling besar dialami Umat Islam adalah ketika tidak bisa lagi menziarahi makam Rasulullah SAW dan tidak bisa lagi menziarahi Baitullah. Hal itu seperti yang terjadi pada tahun ini.

Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi tahun ini sangat jauh berbeda dengan peringatan Idul Adha tahun-tahun sebelumnya. Dimana umat Islam yang seharusnya berduyun-duyun melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah, tapi akibat mewabahnya Covid-19 terpaksa ditunda keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji tersebut.

Makanya, ketika masih diberikan kesempatan untuk beribadah oleh Allah SWT, jangan tunda-tunda kesempatan itu. Sama dengan ibadah penyembelihan qurban, selama masih diberikan kemapuan harta sudah seharusnya dilaksanakan qurban. Karena siapa tahu, nanti di lain kesempatan kita tidak punya harta lagi, atau punya harta tipi tidak ada lagi hewan yang mau kita qurbankan.

Pernyataan itu disampaikan Ustadz Tgk H Muhammad Hatta Lc, MEd dalam khutbah Shalat Ied Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi di Masjid Jami’ As-Sadaqah Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Jumat (31/7/2020).

Demikian juga dengan ibadah haji, selama masih diberikan kemampuan dan kesanggupan untuk melaksanakannya, maka bersegeralah untuk menunaikannya. Karena siapa tahu seperti yang terjadi tahun ini banyak kalangan mampu yang sudah melunasi biaya perjalanan haji, tapi tidak bisa berangkat, kata Muhammad Hatta.

Berqurban itu suatu perbuatan ibadah yang sangat mulia dan sangat dianjurkan Allah SWT. Karena dengan berqurban membangun dan mewujudkan kepedulian sosial masyarakat yang mampu terhadap mereka yang lemah.

 

Nabi Ibrahim Sosok Manusia Teladan Bagi Umat Islam

Penyembelihan hewan qurban yang kita lakukan hanya sangat sedikit sekali bila dibandingkan dengan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim yang merupakan sosok manusia teladan bagi umat Islam.

“Beliau rela dibakar hidu-hidup hanya karena mempertahankan keyakinan akan tauhidnya,” ungkap Muhammad Hatta.

Demikian juga halnya dengan pelaksanaan qurban yang dilakukan Beliau, rela menjanlan perintah Allah untuk menyembelihkan anaknya sendiri.  

Ibrahim adalah juga figur yang patut menjadi contoh dalam hidup dan kehidupan manusia. Beliau juga telah berhasil menegakkan ketauhidannya, manakala Allah memerintahkannya untuk menyembelih anak satu-satunya yang amat dicintai.

Dalam pelaksanaan ibadah Haji Ibrahim menjadi tokoh sentra yang tak asing lagi bagi kaum muslimin dan ummat agama samawi lainnya. Sehingga keinginan melaksanakan ibadah haji bagi kaum muslimin cukup tinggi.

Nabi Ibrahim juga arsitektur kaliber dunia, dengan kerja menumentalnya berupaya bangunan suci Ka’bah. Setiap orang yang menunaikan ibadah haji pasti merasakan pesona dan daya tarik yang luar biasa, air mata tak terasa menetes membasahi pipinya tatkala melihat menyentuh Ka’bah.

Kunci dari pembanguan yang mendapat ridha Allah adalah pada manusia pelaksanaan pembangunan itu. Tidak berlebihan, ungkapnya, kalau banyak ulama mengatakan, membangun gedung, jembatan dan sebagainya, adalah penting. Tapi lebih penting lagi membangun manusia yang membuat gedung, jembatan dan sebagainya itu.

Menurut Ustadz Muhammad, Islam adalah agama yang mengajarkan keadilan dan sangat menentang kesewenang-wenangan. Kelompok miskin tidak semakin miskin dan tertindas, sementara kelompok orang kaya, tidak semakin menumpuk-numpuk kekayaannya dan tidak peduli terhadap kaum Islam.

Untuk itu Islam telah mensyariatkan zakat yang bertujuan mengangkat derajad kaum dhuafa itu. Begitu juga disyariatkan berqurban sebagai amalan sunnat muaqadah, bertujuan agar tidak terjadi yang miskin terus miskin dan tertindas.

Allah juga melarangkan mengumpulkan harta/pengkonsentrasian kekayaan pada kelompok tertentu. Karena kekayaan yang kita miliki di dalamnya ada hak fakir miskin, orang-orang yang lemah dan tertindas.| Rusli Ismail |  

Sponsored:
Loading...
Loading...