Breaking News

Bank Aceh

Sukses, Festival Budaya Kaum Muda di Kotafajar

Sukses, Festival Budaya Kaum Muda di KotafajarFOTO: Istimewa
salah satu kesenian yang ditampilkan dalam festiva budaya anak muda

Kotafajar,BERITAMERDEKA.net – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan bekerja sama dengan komunitas Bintang Sekorong sukses menyelenggarakan Festival Budaya Kaum Muda di Kotafajar, Aceh Selatan.

Festival ini menampilkan tari Landok Sampot, Ranup Lampuan, Tradisi Lisan Kluet, dan ritual khusus. Selain itu juga dilakukan seminar budaya dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh, Irini Dewi Wanti.

“Festival tersebut berlangsung pada 17-21 Oktober 2020,” ujar Pelaksana kegiatan Festival Budaya Kaum Muda, Mahlianurrahman, Jumat (23/10/2020) malam.

Dikatakan, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh saat pembukaan menyampaikan bahwa generasi muda adalah pewaris dari kekayaan budaya Indonesia yang sangat kaya. Kemana lagi wariskan budaya ini kalau bukan kepada pemuda.

“Kami berharap kedepannya lebih banyak lagi generasi muda melakukan pelestarian kebudayaan kita dimasa depan karena pewarisan kebudayaan adalah regenerasi dan keberlanjutan budaya Indonesia,” ujar Irini.

Mahlianurrahman mengatakan kegiatan ini diselanggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan melalui Youtube.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya keterlibatan pemuda dalam kegiatan budaya dan dapat meningkatkan pengetahuan generasi muda terhadap budaya, khususnya budaya Kluet,” ungkapnya.

Selain itu Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengucapkan selamat atas terlaksananya Festival Budaya Kaum Muda dan semoga khasanah budaya terus terjaga dan dapat dikenal oleh anak cucu, generasi akan datang.|ril |

Sponsored:
Loading...