Breaking News

Suara Dentuman Misterius Kagetkan Warga Jakarta

Suara Dentuman Misterius Kagetkan Warga Jakarta

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Warga di Jakarta dan sekitarnya dihebohkan dengan suara dentuman misterius. Dentuman itu hingga kini masih misteri alias belum terpecahkan dari mana asal muasalnya.

Para ahli mencari dari mana sumber dentuman misterius. BMKG menyebut dentuman misterius berasal dari suara petir di Gunung Salak.

Berikut fakta suara dentuman misterius di Jakarta:

1. Dentuman di Jaksel

Suara dentuman misterius awalnya terdengar di Jakarta Selatan pada Minggu (20/09/2020). Dentuman itu terdengar oleh seorang warga bernama Danu, sekitar pukul 20.00 WIB kemarin. Dentuman itu terdengar oleh Danu saat hujan.

Warga lainnya bernama Andini Saras yang tinggal di Kalibata, juga mendenger dentuman misterius pada Minggu (20/09/2020) pukul 19.35 WIB. Andini menilai suara dentuman itu mirip bom dan hanya berlangsung sekitar 2 menit. Bahkan tembok jendela langsung bergetar.
Polisi langsung turun tangan mengecek dentuman tersebut. Menurut Kanit Reskrim Polsek Pasar Minggu, Iptu Binur, dentuman misterius di Jakarta juga terdengar di Pancoran. Namun hasil pencarian sumber dentuman masih nihil. Dari Twitter juga dilaporkan suara dentuman dari Tanjung Barat, Jakarta Selatan.


2. Dentuman di Jaktim

Dentuman misterius di Jakarta juga terdengar di Jakarta Timur. Seperti yang dialami Cici yang tinggal di Cililitan, Jakarta Timur. Cici mendengar dua kali dentuman. Pertama terdengar sekitar pukul 19.30 WIB dan suara dentuman seperti gunung meletus.
Dari Twitter, netizen melaporkan sumber dentuman dari wilayah Jatibening, Bekasi. Laporan yang masuk juga menunjukkan adanya dentuman di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

3. Prediksi BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, pada Minggu (20/9/2020) memprediksi sumber dentuman misterius pertama karena gempa dangkal. BMKG tak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta terkait dentuman.

Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.
Berikut rilis dari BMKG:
BMKG mencatat ada beberapa kejadian petir saat warga melaporkan suara dentuman.

Beberapa warga dan netizen dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan adanya beberapa suara dentuman yang terdengar antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB pada hari ini Minggu 20 September 2020.
Terkait adanya suara dentuman tersebut di atas maka BMKG menyatakan beberapa hal sebagai berikut:

1. Gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman, namun demikian saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

2. Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

3. Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

4. BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga. Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir.(*)

Sumber:Detik.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...