Breaking News

Simeulue Kembali Galakkan Turun ke Sawah Serentak

Simeulue Kembali Galakkan Turun ke Sawah Serentak

Simeulue, BERITAMERDEKA.net- Pemerintah Kabupaten Simeulue mulai mempersiapkan kegiatan turun ke sawah secara serentak pada tahun 2021, sepuluh camat dan ratusan kepala desa serta kelompok pertanian dihadirkan pada acara Rakerda program Humasa Sebel- Khumaha Heba.

Acara yang digelar di Gedung Serbaguna itu juga dihadiri Bupati Simeulue bersama unsur Forkopimda setempat, Senin, 11-01-2021.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Simeulue Samsuar mengatakan, Rakerda yang digelar bertujuan untuk menetapkan Masa Tanam rendeng tahun 2021.

Samsuar juga memaparkan kepada peserta Rakerda pentingnya sektor pertanian yang merupakan sebuah program ketahan pangan khususnya di wilayah Simeulue.

Kegiatan turun ke sawah pada tahun 2021 merupakan priode ke dua setelah sukses dilakukan pada priode pertama tahun 2020.

Direncanakan pengolahan sawah dan penanaman padi akan dilaksanakan pada awal Februari hingga akhir Maret 2021.

Untuk memastikan gabah petani tidak terbengkalai, Pemda Simeulue dikatakan Samsuar melalui koperasi maupun Bumdes telah menyiapkan dana untuk membeli gabah petani, sehingga bisa dijadikan produksi beras lokal yang akan diluncurkan pada awal Februari ini.

Penandatanganan nota kesepakatan antara Forkipimda Simeulue dengan para camat dan kepala desa serta kelompok tani juga menandai kesepakatan mengenai kegiatan turun ke sawah secara bersama sama.

Bupati Simeulue, Erli Hasyim menyampaikan bahwa agenda Rakerda untuk menyepakati jadwal turun ke sawah yang dilakukan secara serentak pada tahun 2021.

Seperti diketahui, pada tahun 2020 pengolahan lahan pertanian lebih dari 6500 hektar, pada tahun 2021 diupayakan akan menggarap lahan pertanian 7000 hektar.

Di samping itu mengatakan bahwa pada Januari 2021 mulai dibangun irigasi terbesar di Simeulue yakni berada di Desa Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat. Irigasi ini akan difungsikan sebagai pendukung sektor pertanian.

Pemda Simeulue juga bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh dalam memenuhi kebutuhan sektor pertanian di Pulau Simeulue. I al ashab I

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...