Breaking News

Sidodadi Jadi Lokasi Karantina Pemudik

Sidodadi Jadi Lokasi Karantina Pemudik
Kadis Kesehatan Kota Langsa, dr Herman saat meninjau lokasi karantina di Gampong Sidodadi | foto syafrul

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Gampong Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama menjadi lokasi karantina para pemudik.

Kampung tersebut kini menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya Gampong itu memiliki tempat khusus untuk mengarantina warga yang baru pulang dari luar Aceh datang ke Gampong ini.

Ide cemerlang tersebut tidak terlepas dari peran Rahmad Hidayat SH, selaku Geuchik, pimpinan tertinggi di desa tersebut.

Banyak pihak yang sudah menyambangi tempat ini, mulai dari relawan penangulangan covid 19, hingga Dinas Kesehatan Pemko Langsa berkunjung melihat situasi dan kondisi gedung karantina.

Ditempat ini ada tiga orang yang sedang menjalani karantina. Salah seorang berasal dari Pekanbaru dan dua lainnya dari Batam.

Sisanya sebanyak 8 orang menjalani karantina di rumah masing masing. Dengan riwayat perjalanan dari Banda Aceh dan Aceh Utara.

Sementara mereka yang menjalani karantina di tempat ini biaya seluruhnya ditanggung desa yang bersumber dari Dana Desa/Gampong sumber APBN.

”Sampai hari ini kita melakukan Isolasi/karantina mandiri di rumah ada 8 orang dan di posko ada 3 orang. Jadi total warga yang di karantina berjumlah 11 orang,” papar Geuchik Dayat panggilan akrabnya, Rabu 6 Mei 2020.

Sementara 8 warga lainnya yang dikarantina di rumahnya masing-masing juga diberikan vitamin dan makanan untuk berbuka puasa yang dananya juga bersumber dari Dana Desa.

"Setiap warga yang baru dari luar daerah harus melaporkan diri, apalagi dari zona merah, agar warga Gampong terhindar dari penyebaran Covid 19," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa, dr Herman dan rombongan mengunjungi Posko Karantina Gampong Sidodadi, Rabu 6 Mei 2020.

Ianya mengapresiasi langkah kebijakan Geuchik Gampong Sidodadi dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 dengan menyediakan tempat karantina khusus bagi warga baru pulang dari daerah pandemik.

Dalam kesempatan tersebut, dr Herman mengatakan pihaknya dalam rangka melakukan pengawasan saja, sekaligus memantau suasana posko karantina gampong sidodadi.

"Dinas Kesehatan mengintruksikan jajaran puskesmas setempat, untuk selalu mengawasi proses karantina  warga di posko gampong sidodadi. Ini penting dalam rangka memastikan kesehatan bagi mareka warga yang sedang melakukan karantina," kata dr. Herman.

Sementara itu, Geuchik Sidodadi, Rahmad Hidayat mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala Dinas Kesehatan Langsa dan jajarannya.

Mohon dibantu kami yang sedang melakukan karantina di posko Gampong Sidodadi. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...