Breaking News

Bank Aceh

Shalat Idul Fitri Tetap Dilaksanakan Di Simeulue

Shalat Idul Fitri Tetap Dilaksanakan Di Simeulue
Rapat Tentang Pelaksanaan Idul Fitri | foto al ashab

Simeulue, BERITAMERDEKA.net- Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H pada Minggu 24 Mei 2020 mendatang tetap dilaksankan di Pulau Simeulue.

Hal itu diungkap Bupati Simeulue, Erli Hasyim saat menggelar rapat dihadiri oleh unsur Forkopimda mengenai pelaksaan rapat penyambutan 1 Syawal 1441 H di ruang rapat Sekda, Rabu 20 Mei 2020.

Perayaan Idul Fitri sesuai dengan edaran dari Menteri Agama RI, ada anjuran pelaksanaan shalat idul fitri tetap dilakukan di rumah.

Ketua MPU Simeulue, Key.Heriansyah, Lc, mengatakan sesuai dengan adanya Fatwa dari MUI Nomor 28 Tahun 2020, pada tangal 15 Mei 2020 mengenai tata cara pelaksaan shalat idul fitri 1441 H namun ia berpendapat sangat tergantung dengan daerah masing masing, apabila di suatu daerah tersebut masih dinilai aman bisa melaksanakan ibadah shalat hari raya di masjid dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Namun apabila di suatu daerah penyebaran sudah mengkhawatirkan maka akan lebih baik jika ibadah shalat idul fitri dilakukan di rumah.

Sementara Bupati Simeulue, Erli Hasyim menyampaikan pelaksanaan shalat ied tidak dilarang namun mengikuti prosedur sesuai dengan protokol kesehatan seperti memakai masker serta menjaga jarak saat pelaksaan shalat idul fitri.

Tak hanya diwajibkan menggunakan masker namun masyarakat juga diminta membawa sajadah masing masing saat ke masjid.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang memiliki kondisi kesehatan kurang membaik juga tidak diperkenankan melakukan shalat idul fitri di masjid agar melakukan shalat idul fitri di rumah, hal serupa juga berlaku kepada traveler yang tiba di Simeulue terhitung dari 10 Mei 2020.

Perayaan idul fitri tahun ini di Simeulue juga tidak diperbolehkan melakukan pawai keliling menggunakan kenderaan maupun berjalan kaki.

Kegiatan takbir di masjid juga dibatasi hingga pukul 22.00 WIB pada Sabtu 23 Mei 2020. I al ashab I

Sponsored:
Loading...