Breaking News

Setiap Tempat Sekolah, Setiap Orang Adalah Guru

Setiap Tempat Sekolah, Setiap Orang Adalah Guru
Saiful Bahri

Aceh Timur, BERITAMERDEKA.net - "Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, setiap orang sebagai guru," demikian kata Kadisdikbud  Saiful Bahri, Spd Mpd, Sabtu 2 Mei 2020, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.

Kalimat itu, pernah tercetus oleh KI Hajar Dewantara dan kembali dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur.
 
Dalam kondisi sekarang ini kalimat tersebut sangat relevan untuk diimplementasikan ditengah wabah pandemik covid-19, dimana dunia pendidikan mengalami libur panjang yang belum ditentukan batas waktunya.

Meski tanpa diperingati dengan upacara atau kegiatan khusus, namun Hardiknas merupakan momentum kebangkitan pendidikan nasional di Republik ini.

"Keadaan sekarang ini, sangat membatasi setiap kegiatan yang bersifat keramaian atau pengumpulan massa, maka dari itu kita cukup mengambil hikmahnya saja," kata Saiful lagi.

Menurutnya, diharapkan kepada insan didik agar memanfaatkan situasi sekarang ini untuk belajar dirumah masing masing dan memanfaatkan media yang tersedia, contohnya belajar jarak jauh sistem daring.

Kata dia lagi, belajar sistem ini sekarang sudah mulai di terapkan oleh para guru, walau tidak seperti belajar di sekolah secara tatap muka, namun sistem daring ini juga sudah mulai efektif. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...