Breaking News

Setelah TMII Direbut Jokowi, Ini Bisnis Lain Keluarga Cendana

Setelah TMII Direbut Jokowi, Ini Bisnis Lain Keluarga Cendana

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) secara resmi telah diambil alih oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain memiliki TMII, keluarga mendiang mantan Presiden Soeharto juga dikenal memiliki banyak bisnis di tanah air.

Keluarga Pak Harto, atau yang juga dikenal sebagai keluarga Cendana, memang memiliki banyak usaha dan perusahaan saat ayah mereka masih berkuasa. Dari putra-putrinya, Hutomo Mandala Putra, alias Tommy Soeharto, merupakan dikenal sebagai pengusaha paling sukses.

Tommy memiliki sejumlah bisnis yang bergerak di pelbagai bidang, mulai dari bisnis pupuk, sirkuit, hingga perhotelan. Tommy diketahui memiliki perusahaan bernama PT Humpuss.

Dilansir dari web resmi Humpuss, perusahaan tersebut bergerak di beberapa bidang, antara lain PT Humpuss Wajo Energi, PT Humpuss Karbometil Selulosa, PT Humpuss Patragas, PT Usaha Gemilang Utama, PT Humpus Pengolahan Minyak PT Humpuss Aromatic, PT Gatari Air Service, PT Humpuss Intermoda Transportasi dan PT Humpuss Trading.

Selain itu, dia juga membangun Sirkuit Sentul yang terletak di Desa Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Tommy juga memiliki bisnis perhotelan di bawah bendera PT Lor Internasional Hotel. Dia juga memiliki bisnis ritel dengan grosir Goro yang dikelola PT Berkarya Makmur Sejahtera dan menjadi Komisaris Utama di perusahaan tersebut.

Tommy juga menjalankan bisnis proyek black rock golf and resort yang berada di kawasan Pariwisata Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung. Tommy juga memiliki bisnis perdagangan cengkih, tetapi, Tommy sudah tidak menjalankannya.

Selain itu, Siti Hardijanti Rukman atau Mbak Tutut pernah memiliki saham di bidang penyiaran, yaitu di PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia, melalui stasiun TPI dan dia pernah mengeluarkan tabloid wanita Indonesia.

Mbak Tutut memegang kuasa atas PT Citra Lamtoro Gung Persada dalam pembangunan dan pengelolaan jalan tol, konstruksi, perdagangan, pertanian hingga kerajinan tangan.

Sementara, Bambang Trihatmodjo, memiliki PT Asriland yang bergerak di bidang properti, perdagangan, konstruksi, perhotelan, televisi swasta, transportasi dan pekebunan.

Terakhir, Sri Hutami Endang Adiningsih atau Mamiek Soeharto diketahui sebagai pengelola Taman Wisata Mekarsari yang merupakan salah satu tempat wisata di Bogor. Dia juga memegang usaha perkebunan, pergudangan dan transportasi.(*)

Sumber:Idxchanel
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...