Breaking News

Bank Aceh

Setelah Hajatan Anak Gubernur, Keluarkan Aturan Larangan Gelar Pesta Kawin

Setelah Hajatan Anak Gubernur, Keluarkan Aturan Larangan Gelar Pesta Kawin
Gubernur Sumbar

Padang, BERITAMERDEKA.net - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menggelar pesta pernikahan putranya atau hajatan Baralek Gadang di Padang selama 3 hari berturut-turut di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Baralek Gadang digelar sehari sebelum larangan penyelenggaraan pesta perkawinan yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang.

Puncak resepsi pada Minggu (8/11/2020) mendatang akan digelar di Auditorium Gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman, Padang. Auditorium berada dalam kompleks Istana Gubernur.

Rencana pesta ini memicu kontroversi, karena setelah tanggal 8, tepatnya mulai tanggal 9 November 2020, semua aktivitas pesta perkawinan di Padang mulai dilarang.

Dijelaskan, surat edaran dikeluarkan mengingat jumlah kasus positif yang terus meningkat. Surat edaran juga dibuat berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Larangan ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat yang akan menggelar pernikahan saja, melainkan juga berisi ketentuan baru kepada pelaku usaha kafe, bar, restoran, pub dan karaoke. Pemerintah kota menegaskan, seluruh pelaku usaha yang disebut harus membatasi jumlah pengunjung 50% dari kapasitas ruangan serta memberi pembatas jarak duduk dengan memperhatikan protokol kesehatan dan mengutamakan layanan bawa pulang.

 Bagi pemilik usaha yang melanggar ketentuan tersebut, maka akan dikenakan teguran tertulis. Kemudian, jika masih melanggar lagi, maka akan dikenakan denda administratif paling sedikit Rp 1,5 juta dan paling banyak Rp 2,5 juta.

Seperti diketahui, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akan menggelar puncak pesta sehari sebelum diberlakukannya larangan pesta tersebut. Undangan pesta tersebut sudah beredar luas di masyarakat. Tertulis, pesta puncak akan dilangsungkan pada Minggu (8/11/2020) mendatang di Auditorium Gubernuran.

Sebagai pengundang pesta terlihat nama Irwan Prayitno dan Nevi Zuairina. Nevi adalah anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS. Nama besan tertulis Makky Ananda dan Mira Zauti Thahir. Nama anak-anak mereka yang akan menikah tertulis Ibrahim dan Nabila.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal mengkonfirmasi kabar baralek gadang Gubernur Irwan. Ia menyebut, baralek akan dilangsungkan selama 3 hari dari Jumat (6/11) hingga Minggu (8/11).

"Baralek Pak Gubernur ini sudah direncanakan sejak lama. Sebenarnya (mau) pada bulan Desember 2020, dan itu telah lama terjadwalkan. Tapi karena ada larangan dari Pemko Padang untuk tidak melakukan pesta mulai 9 November, makanya dipercepat," kata Jasman kepada detikcom, Selasa (3/11).

"Rencana awalnya tanggal 4, 5 dan 6 Desember. Namun karena ada larangan pesta pernikahan mulai tanggal 9 November, maka Pak Gub memilih menghormati keputusan Pemko Padang," tambah dia.

Baralek gadang Gubernur Irwan ini mendapat kritikan dari berbagai kalangan di lini masa media sosial. Mereka mempertayakan pesta-pesta yang dilakukan di tengah pandemi oleh para pemimpin.

Pemerintah Kota Padang sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) berisi larangan pesta perkawinan. Dilihat detikcom, Selasa (3/11/2020), SE bernomor 870.743/BPBD-PDG/X/2020 itu dikeluarkan 12 Oktober silam dengan tujuan untuk menekan penyebaran COVID-19. Namun aturan tersebut mulai diberlakukan 9 November 2020.

"Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan perkawinan cukup melaksanakan akad nikah di kantor KUA, rumah ibadah, atau di rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," demikian bunyi aturan pada SE bernomor 870.743/BPBD-PDG/X/2020 itu. SE tersebut ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Dalam aturan itu, Pemkot mengancam akan membubarkan acara pernikahan yang dilaksanakan setelah tanggal 8 November 2020.

"Bagi masyarakat yang melanggar ketentuan, akan dibubarkan dan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentutan perundang-undangan," bunyi salah satu pasal.(*)

Sumber:detik.com
Sponsored:
Loading...