Breaking News

SENTUH TANAHKU

SENTUH TANAHKU

SENTUH Tanahku adalah Aplikasi Pengecekan Pengurusan Berkas dan Sertifikat Tanah.
Aplikasi Sentuh Tanahku Mempermudah masyarakat yang dalam melakukan pengecekan pengurusan berkas dan sertifikat tanah.


Bagi warga masyarakat yang sedang melakukan pengurusan tanah, kini lebih dimudahkan dengan aplikasi Sentuh Tanahku yang diluncurkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (BPN).
Masyarakat yang sudah mendaftarkan layanan pertanahan yang diinginkan akan mendapat kwitansi atau dokumen penerimaan berkas. Dalam setiap dokumen atau berkas disematkan barcode yang bisa dipindai dengan ponsel di mana telah terinstall aplikasi Sentuh Tanahku.

Aplikasi ini diluncurkan dengan tujuan antara lain:

  1. Mensosialisasikan program strategis ATR/BPN
    2. Menyampaikan informasi status kepemilikan bidang tanah (blokir, berakhirnya hak, status berkas
    3. Untuk inventarisasi BMN yang belum terpetakan oleh instansi lain
    4. Membantu Petugas Ukur / Surveyor Kadaster Berlisensi menemukan bidang tanah di lapangan
    5. Mengetahui data suatu bidang tanah sebelum dilakukan transaksi jual beli / hak tanggungan
    6. Sebagai pengingat (wallet) terhadap kepemilikan kita (sertifikat), maupun kewajiban kita (agunan)
    7. Mengetahui biaya, waktu dan persyaratan layanan BPN dalam rangka meningkatkan transparansi layanan pertanahan
    8. Melakukan pelacakan status berkas permohonan di Kantor Pertanahan untuk meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan layanan.

Langkah dan Cara Penggunaan :

1. Download atau Unduh Aplikasi Sentuh Tanahku
Aplikasi Sentuh Tanahku Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional tersedia dalam versi Android dan iOS.
Untuk versi Android, aplikasi ini dapat diunduh melalui alamat URL https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.bpn.sentuh
Sementara itu, untuk iOS, Sentuh Tanahku dapat diunduh melalui alamat URL: https://itunes.apple.com/id/app/sentuh-tanahku/id1287142144?mt=8

2. Daftar Akun Baru
Setelah Anda mengunduh aplikasi dan meng-install, pertama kali saat anda menggunakan aplikasi ini adalah mendaftar username dan password. Username tidak boleh mengandung spasi. Tahapannya adalah sebagai berikut:
- Lengkapi form pendaftaran
- Mendapatkan notifikasi pendaftaran
- Cek email Anda dan klik link aktvasi akun
- Klik tombol aktivasi
- Pengguna telah diaktifkan, silakan login

3. Halaman Login/Masuk
Untuk masuk dalam aplikasi, pengguna harus memasukkan username dan
password dengan benar.
Apabila lupa password, pengguna dapat mereset password tersebut dengan menyentuh link lupa password.
Masukkan Username dan password kemudian klik tombol “masuk”. Apabila username dan password benar, maka pengguna akan masuk ke menu utama sentuh tanahku.

4. Menu Notifikasi
Perangkat mobile menerima notifikasi secara real-time dari sistem dan menampilkan info tersebut pada header bar untuk Android dan notification center pada iOS.

5. Menu Info Berkas
Untuk mengetahui berkas yang dimohon pada Kantor Pertanahan, dapat menggunakan menu Info Berkas.
Daftar Berkas Pengguna: Menampilkan informasi daftar perkembangan pengurusan berkas (jika user terverifikasi)
Rincian Berkas Pengguna: Menampilkan rincian informasi berkas dari salah satu daftar berkas
Pencarian Berkas: Pencarian terhadap informasi berkas tertentu
Informasi Berkas (Akun Terverifikasi)
Daftar berkas yang terkait dengan pemilik akun baik sebagai pemohon maupun kuasa akan ditampilkan sebagai daftar berkas (berdasarkan NIK).
Pengguna dapat menyentuh daftar tersebut untuk melihat detail berkas.
Kemudahan yang ditawarkan adalah pengguna terverifikasi tidak perlu mengingat nomor berkas.

6. Menu Info Sertifikat
Menampilkan informasi daftar kepemilikan beserta rincian sertifikat. Jika sertifikat fisik belum tersedia pada daftar kepemilikan sertifikat, pengguna dapat melaporkan informasi sertifikat yang belum tersedia tersebut. Daftar Anggunan berfungsi untuk Menampilkan informasi daftar kode agunan dari sertifikat.


Daftar sertifikat yang terkait dengan pemilik akun akan ditampilkan sebagai daftar kepemilikan (berdasarkan NIK). Pengguna dapat menyentuh daftar tersebut untuk melihat detail sertifikat.

Dari detail sertifikat tersebut, pengguna dapat melihat lokasi bidang tanahnya di peta atau membantu plotting bidang tanah tsb jika belum terpetakan (lihat Pencarian Lokasi Bidang Tanah). Kemudahan yang ditawarkan adalah pengguna terverifikasi tidak perlu mengingat nomor sertifikatnya di seluruh wilayah Indonesia. Jika kepemilikannya belum muncul, pengguna dapat melaporkan kepemilikannya melalui aplikasi ini.


Pelaporan Sertifikat dan Lokasi Kepemilikan
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, dari menu informasi sertifikat pengguna dapat melaporkan kepemilikannya.
Untuk melaporkan sertifikat kepemilikan, pengguna perlu mengetahui nomor sertifikat berikut wilayah administrasinya.


Selain itu, pengguna diwajibkan mengupload foto sertifikat yang dilaporkan agar dapat dicross check dengan buku tanah di Kantor Pertanahan.
Selanjutnya Kantor Pertanahan akan melakukan verifikasi data tersebut dan menyisipkan NIK pengguna ke dalam record buku tanah dimaksud dalam database KKP.

7. Menu Plot Bidang Tanah
Untuk melakukan ploting bidang, pengguna harus memasukkan nomor sertifikat yang akan diplotting. Selanjutnya pengguna harus menggambar bidang tanah tersebut di peta sesuai dengan bentuk dan lokasinya.
Selanjutnya, dengan menyentuh menu simpan plot, maka data akan tersimpan di server. Kantor Pertanahan akan memverifikasi data tersebut kemudian. Jika plot bidang Anda telah diverifikasi, maka bidang Anda akan muncul di plot bidang.

8. Menu Lokasi Bidang Tanah
Pengguna memilih wilayah administrasi dari suatu bidang tanah, kemudian memasukkan jenis hak dan nomornya. Dengan menyentuh tombol proses, maka lokasi bidang tanah dimaksud akan ditunjukkan pada peta Peta tersebut bersifat interaktif, pengguna dapat menggeser, memperbesar, bahkan memutar peta.

9. Menu Info Layanan
Daftar dan Pencarian Info Layanan: Menyajikan daftar informasi layanan dan disertakan juga fitur pencarian layanan untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi syarat, biaya, dan jangka waktu penyelesaian, serta simulasi biaya.(ADV)

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...