Breaking News

Sembilan Kabupaten/Kota di Aceh Masuk Zona Merah, Wajib Patuhi Ini....

Sembilan Kabupaten/Kota di Aceh Masuk Zona Merah, Wajib Patuhi Ini....
Ilustrasi

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net- Sembilan dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, ditetapkan sebagai zona merah terpapar Covid-19.

Hal itu seperti yang tercantum di dalam Surat Edaran yang dikeluarkan Gubernur Aceh pada 02 Juni 2020 lalu.

Sembilan kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai zona merah yakni Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Utara.

Surat edaran nomor :440/7810 itu ditujukan Gubernur Aceh kepada seluruh Bupati/Walikota se- Aceh tentang penerapan masyarakat produktif dan aman Corona Virus Disase 2019 (Covid-19) Zona Merah dan Zona Hijau di Aceh.

Gubernur Aceh dalam surat edaran tersebut meminta pemerintah kabupaten / kota yang wilayahnya ditetapkan sebagai zona merah yakni penerapannya: agar tetap di rumah kecuali
untuk kebutuhan pokok dan obat obatan, mengawasi dan membubarkan keramaian dan orang berkumpul dengan memberdayakan Satpol PP dan WH serta TNI-Polri.

Penerapan protokol secara ketat terutama tidak berkumpul, menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun.

Meningkatkan sistem pengaman di perbatasan baik antar propinsi maupun antar kabupaten kota terhadap arus barang maupun orang.

Ketentuan testing yang masif terhadap masyarakat, trecing yang agresif serta isolasi yang ketat serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Peningkatan layanan kesehatan serta kecukupan logistik yang memadai seperti APD, PCR, Rapid Tes dan lain lain.

Kesiapan pemerintah desa atau gampong untuk menghadapi pandemi covid agar memantau setiap orang yang berpotensi menyebarkan covid.

Menegakkan protokol kesehatan di tempat umum, mengatur jam kerja dan tempat kerja, serta melakukan monitoring pelaksanaan penanganan covid 19 bersama Forkopimda kabupaten kota.

Ketentuan penetapan zona ini diketahui berlaku selama 14 hari kedepan, tergantung mengalami peningkatan atau penurunan terhadap ODP/PDP dan jumlah kematian pasien covid 19. Penetapan zona hijau atau zona merah bisa berubah yang akan ditetapkan kembali oleh Pemerintah Aceh. I al ashab I

Sponsored:
Loading...
Loading...