Breaking News

Seluruh Dayah di Nagan Raya Lakukan Rukyatul Hilal, Bulan Belum Terlihat dan 1 Ramadhan Jatuh Rabu

Seluruh Dayah di Nagan Raya Lakukan Rukyatul Hilal, Bulan Belum Terlihat dan 1 Ramadhan Jatuh Rabu
Ilustrasi

Suka Makmue, BERITAMERDEKA.net - Para Pimpinan Dayah di Nagan Raya yang tergabung dalam Badan Rukyatul Hilal Kabupaten Nagan Raya (BARAKNA) adakan Rukyah (Melihat Anak Bulan) yang terpusat di Pantai Naga Permai Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, Senin, 12 April 2021.

Hal tersebut dilakukan sesuai hadist yang shaheh, berpuasalah kamu dengan melihat anak bulan dan berbukalah kamu dengan melihat anak bulan (berlebaran).

"Jika kita ingin mengikuti Rasulullah, maka kita harus mengikuti jejak Rasulullah (melihat bulan)," kata Abati selaku mewakili Ketua Barakna kepada   beritamerdeka.net usai acara.

Dan sesuai hadist yang diriwayatkan oleh jabir, tambahnya, bahwa keputusan Rukyatul Hilal itu berlaku dalam 1 (satu) matali' (8° derajat bulan) atau perbedaan wilayah dalam 32 menit dengan wilayah lain.

Keputusan sementara saat ini, diwilayah Nagan Raya tidak terlihat bulan, maka disempurnakan bulan sya'ban

"Untuk sementara, bulan diwilayah nagan raya tidak terlihat, maka dari itu kita sempurnakan bulan sya'ban 30 hari," sambung Abati.

Jika pun ada informasi terbaru, sambungnya, maka kita akan kabarkan segera kepada seluruh pimpinan dayah yang ada di Nagan Raya.

"Hasil sidang isbad, maka kita simpulkan 1 Ramadhan 1442 jatuh pada hari Rabu (14/4/2021)," tegasnya. (DM)

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...