Breaking News

Bank Aceh

Selamatkan Ekosistem, Nelayan Lepas Liar Lobster Ke Laut

Selamatkan Ekosistem, Nelayan Lepas Liar Lobster Ke Laut

Calang, BERITAMERDEKA.net- Para nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) Gunong Bak Jok di wilayah lhok Babah Nipah Desa Jeumpheuk, Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya melepas liarkan induk lobster.

Pelepasan induk lobster oleh nelayan bersama pengembang bertempat di Teluk kawasan Laut setempat yang turut dihadiri oleh Muspika Sampoiniet, DKP Aceh, DKP Aceh Jaya, Kamis 12/11/2020.

Dengan menggunakan perahu nelayan, induk lobster yang berukuran besar dilepaskan ke laut dengan harapan ekosistem lobster di Laut tersebut tetap terjaga.

Idris Ketua Kelompok Usaha Bersama Gunong Bak Jok mengatakan, pelepasan induk lobster yang dilakukan pihaknya sebagai persyaratan untuk pengambilan benih bening lobster pihaknya untuk diekspor kedepan.

Ia menjelaskan pengambilan benih bening lobster yang akan dilakukan pihaknya akan bekerjasama dengan pihak perusahaan Rama Putra Farm sebagai pengembang dan sekaligus pembeli.

Ia berharap dengan sudah adanya izin untuk pengambilan benih bening lobster, perekonomian para nelayan semakin meningkat dan juga membuka lapangan pekerjaan terutama bagi nelayan yang selama ini tersendat akibat pandemi COVID-19.

" Terimakasih kepada pihak kementerian yang telah memberi izin pengambilan benih bening lobster oleh pihak nelayan terutama nelayan di kawasan teluk babah nipah," Ungkap Idiris.

Hal yang sama di sampaikan oleh Camat setempat, Syarkani bahwa sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang telah masuk ke Kecamatan Sampoiniet untuk mengembangkan budi daya lobster.

" Sehingga dengan banyaknya perusahaan atau investor bisa membuka lapangan kerja dan kesejahteran nelayanpun bisa meningkat," Harap Syarkani.

Sedangkan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya, Teuku Ridwan mengatakan, sejauh ini sudah ada beberapa perusahan yang mendapat izin untuk pelaksanaan pengambilan benih bening lobster.

Bahkan dari sejumlah perusahaan telah melakukan ristoking atau melepas induk lobster sebagai persyaratan untuk pengambilan benih bening lobster untuk dilakukan ekspor.

" Alhamdulillah sudah ada beberapa perusahaan yang sudah masuk ke Aceh Jaya, dan berharap dengan adanya investor nelayan bisa sejahtera dan perekonomian meningkat," Imbuh Teuku Ridwan. |musliadi|

Sponsored:
Loading...