Breaking News

Sejumlah Pekerja Kontrak dan Buruh Mengeluh, Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Tak Kunjung Cair

Sejumlah Pekerja Kontrak dan Buruh Mengeluh, Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Tak Kunjung Cair

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Bantuan subsidi dari pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan terkait bantuan bagi pekerja dan buruh bergaji di bawah Rp. 5 juta diduga tebang pilih dalam penyalurannya.

Hal ini dikatakan ketua Forum Peduli Masyarakat Miskin (FPRM) Kota Langsa, Nasruddin, selasa (15/12/2020). Menurutnya, hal ini dikemukakan berdasarkan laporan dari pekerja tersebut ke pihaknya.

"Sejak dua bulan, lalu pegawai kontrak maupun tenaga honorer banyak yang melapor karena bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan tak kunjung dicairkan," tukas Nasruddin.

Sementara itu, kata Nasruddin, ada para honorer dan tenaga kontrak yang sudah menerima bantuan subsidi dari pemerintah melalui lembaga tersebut.

"Dapat disimpulkan penyaluran bantuan tersebut diduga tebang pilih," ujar Nasruddin.

Menurutnya, dampak dari pandemi covid 19, pemerintah menerbitkan Peraturan Mentri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh.

"Program pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi covid 19 bagi para buruh dan pekerja patut di apresiasi, namun ada sebahagian pekerja dan buruh tidak dapat dan ini patut dipertanyakan," tukas Nasruddin.

Secara terpisah saat dikofirmasi, Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kota Langsa, Sugiono mengatakan, para pekerja dan buruh yang belum mendapat bantuan tersebut agar dapat mengakses situs resmi Kemenaker Republik Indonesia.

"Bantuan subsidi upah merupakan program Kemnaker melalui BPJS Ketenagakerjaan. Bagi yang belum menerima, dapat mengakses layanan website Kemnaker dengan situs, bantuan.kemnaker.go.id," tulis Sugiono melalui pesan whatsapp nya. | Syafrul |

Sponsored:
Loading...