Breaking News

Satpolairud Selamatkan Korban Tenggelam di Kuala Peudawa

Satpolairud Selamatkan Korban Tenggelam di Kuala Peudawa

Peudawa, BERITAMERDEKA.net -
Salah seorang nelayan tengelam diperairan dengan sigap tim Satpolairud dan Search and Rescue (SAR) Aceh Timur menyelamatkan dengan menyelam dan selanjutnya dievakuasi dengan ditandu.

Kejadian tersebut adalah simulasi dan latihan bersama antara kedua instansi tersebut di perairan Kuala Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, Sabtu (14/11/2020).

Kasatpolairud Polres Aceh Timur Iptu Zainurrusydi saat memimpin kegiatan mengatakan, latihan ini untuk mempersiapkan personel Satpolairud Polres Aceh Timur apabila ada bencana alam baik di darat maupun di air siap diterjunkan ke lapangan.

Ditambahkan, latihan SAR air merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilatihkan kepada anggota, untuk meningkatkan kemampuan anggota Satpolair Polres Aceh Timur secara konsisten dan berkesinambungan.

"Apabila terjadi bencana atau kecelakaan baik di darat maupun di air maka anggota di lapangan sudah mengerti apa yang harus dilakukan,” sebut Iptu Zainurrusydi.

Sambungnya lagi, tujuan dari pelatihan bersama ini untuk meningkatkan kemampuan anggota termasuk menyelam. Dengan demikian mereka akan menjadi lebih percaya diri, memperoleh pengetahuan baik secara teori maupun praktek mengenai kegiatan penyelaman guna mendukung kegiatan SAR di perairan.

"Dalam latihan diberikan materi bagaimana cara mengevakuasi dan penyelamatan terhadap korban tenggelam dengan menggunakan tali, ring boy, pelampung dan perahu karet. Selain itu juga diberikan latihan bagaimana cara menolong korban yang pingsan," tutup Kasatpol Airud. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...