Breaking News

Satgas Nasional Belum Rilis ‘Zona Warna’ Terbaru, Aceh Nihil Kasus Covid-19

Satgas Nasional Belum Rilis ‘Zona Warna’ Terbaru, Aceh Nihil Kasus Covid-19

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Satuan Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 belum merilis peta zonasi risiko (zona warna) Covid-19 yang terbaru. Rilis terakhir pada laman covid19.go.id, Selasa (2/3). Sementara itu, Aceh mencatat nihil kasus baru dalam 24 jam terakhir. Sedangkan pasien yang sembuh bertambah lagi sebanyak enam orang.

Demikian Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Senin (15/3/2021), untuk menjawab Satgas Covid-19 kabupaten/kota yang menanyakan status zona warna daerahnya.

“Belum ada yang terbaru dari Satgas Covid-19 Nasional, mungkin Selasa atau Rabu ini,” kata pria yang disapa SAG itu.

Ia menjelaskan, peta zonasi risiko atau zona warna diumumkan mingguan namun pada minggu kedua Maret 2021 belum dirilis informasi terbaru. Informasi terakhir yang dirilis Selasa (2/3), 16 daerah di Aceh sudah zona kuning, atau zona risiko rendah penularan virus corona. Tujuh daerah lainnya masih zona risiko sedang (oranye) peningkatan kasus Covid-19.

Enambelas kabupaten/kota zona kuning di Aceh berdasarkan analisis data periode 22-28 Februari 2021 meliputi Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Pidie, Aceh Utara, Simeulue, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie Jaya, Kota Lhokseumawe, dan Kota Subulussalam.

Sedangkan tujuh daerah kabupaten/kota yang masih zona oranye di Aceh meliputi Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Langsa, Kota Banda Aceh dan Kota Sabang, urai SAG.

“Semoga semua kabupaten/kota menjadi zona kuning dalam waktu dekat ini,” harap SAG.

Selanjutnya, SAG mengabarkan kondisi terakhir penanganan Pandemi Covid-19 di Aceh, per tanggal 15 Maret 2021. Secara akumulatif, kasus Covid-19 di Aceh sudah tercatat sebanyak 9.686 kasus/orang. Para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 7.945 orang. Penderita dalam perawatan sebanyak 1.355 orang, dan kasus meninggal dunia sebanyak 386 orang.

SAG mengatakan, pasien Covid-19 yang dilaporkan sudah sembuh bertambah lagi sebanyak enam orang. Enam penyintas baru tersebut masing-masing warga Aceh Jaya sebanyak empat orang dan warga Kota Banda Aceh sebanyak dua orang.

“Kasus baru positif Covid-19 nihil, begitu juga kasus meninggal dunia,” tambahnya.

Sementara kasus-kasus probable secara akumulatif sebanyak 672 orang, yang meliputi 602 orang sudah selesai isolasi, 12 orang sedang isolasi di rumah sakit, dan 58 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19, urai SAG.

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif sudah tercatat sebanyak 7.087 orang. Suspek yang telah selesai melakukan isolasi sebanyak 6.962 orang, sedang isolasi di rumah sebanyak 86 orang, dan sebanyak 39 orang sedang menjalani isolasi di rumah sakit, rinci SAG.

Lebih lanjut SAG menambahkan informasi progres vaksinasi Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes) di Aceh, per tanggal 14 Maret 2021.

Nakes yang sudah vaksin dosis I sebanyak 52.861 orang, atau 93,6 persen dari sasaran sebanyak 56.472 orang. Sementara Nakes yang sudah mendapat vaksin II sudah mencapai 43.995 orang atau sekitar 77,9 persen dari targetnya, tutup SAG.(*)



Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...