Breaking News

Bank Aceh

Sapi Kurus Akibat Pengaruh Wabah Corona

Sapi Kurus Akibat Pengaruh Wabah Corona
Sapi kurus kurang umpan, anggaran pakannya untuk corona | foto ist

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Heboh sapi kurus di Saree Aceh Besar yang sempat viral di medsos, ternyata kekurusannya juga terpengaruh situasi corona.

Pantauan sejumlah anggota dewan bersama wartawan, sapi yang ada di camp Saree itu, tidak semua kurus. Ada juga yang kondisinya sehat dan gemuk.

Pihak Dinas Peternakan Aceh, mengakui kurusnya sejumlah sapi di Saree karena kurang umpan dan anggaran yang ada khusus untuk pakan dan tenaga pekerja belum bisa cair, karena ada pergeseran anggaran akibat corona.

'Sapi itu diakui kurang umpan, selama ini hanya makan rumput gajah yang disediakan petugas', ujar Kadis Peternakan Aceh Rahmandi, Jumat 5 Juni 2020.

Kata Rahmandi, sapi bantuan pemerintah pusat tahun 2017 total 359 ekor (pejantan hanya 50 ekor) kemudian dipelihara di camp peternakan Saree, Aceh Besar dan selama ini tidak ada masalah dan terus dirawat dengan baik.

Ini sapinya agak gemuk

Saat inspeksi kemarin di lokasi peternakan di Saree, Aceh Besar, turut hadir anggota DPRA Komisi II diantaranya Yahdi Hasan dari Partai Aceh, Rizaluddin dari PKB Junaidi Hanura dan Ali Basrah Golkar.

Kenapa kurus, memang anggaran yang disediakan tahun 2020 sebesar Rp 1,5 milyar belum turun sehingga untuk pakan ternak (konsentrat) serta membayar ongkos pekerja sekitar 13 orang (tenaga harian lepas).

Untuk mengawasi ternak sebanyak itu dulunya ada 26 tenaga kerja lepas serta pegawai tetap dibawah kontrol UPTD. Namun dengan wabah corona dikurangi beban untuk menghemat anggaran.

Rahmandi mentargetkan dalam dua bulan ke depan sapi tersebut akan kembali gemuk dengan pengawasan ketat baik rumput maupun konsentrat sebagai makanan tambahan.

Sementara Zulfadli kepala UPTD Saree mengatakan luas lahan rumput gajah untuk pakan ternak mencukupi dengan luas 19 hektar. Dan setiap harinya dipotong untuk pakan sapi.

'Tugas kami setiap hari memotong rumput untuk umpan sapi dan menyiapkan air minum dari atas dan bersihkan kandang', ujar Zaini salah seorang pekerja harian lepas yang sudah tiga tahun bekerja.

'Kita akan awasi terus soal sapi ini agar tidak ada yang kurus lagl', ujar Yahdi Hasan dari anggota DPRA Partai Aceh.(*)

Sponsored:
Loading...