Breaking News

Santri Harus Jadi Tonggak Terdepan dalam Bidang Agama

Santri Harus Jadi Tonggak Terdepan dalam Bidang Agama
Kepala Dinas Dayah Aceh Jaya Zulkifli MS. (Foto Agus L)

Calang, BERITAMERDEKA.net - Santri identik dengan seseorang yang mempelajari ilmu keagamaan di pesantren atau dayah di seluruh Aceh. Hari ini Aceh Jaya, telah mengucurkan sejumlah program untuk pengembangan Santri dan Dayah dengan harapan bisa menjadi tonggak dalam bidang agama di tengah masyarakat.

"Kita menginginkan santri baik yang belajar di pesantren di Aceh Jaya maupun luar daerah, harus menjadi tonggak di bidang keagamaan di gampong- gampong di Aceh Jaya," ujar Kepala Dinas Dayah Aceh Jaya, Zulkifli MS., Senin (19/04/2021).

Sejak tahun 2014 sampai sekarang, dalam pengembangan santri atau disebut dengan program Malem Dagang diantaranya menyantuni santri dan pendidik dayah sebagai honorium.

"Kita memberikan beasiswa kepada santri bervariasi antara Rp 1 juta per-santri yang mondok di dayah di wilayah Kabupaten Aceh Jaya, sedangkan yang diluar daerah untuk masing-masing mendapatkan Rp1.5 juta. Dana tersebut di transfer ke setiap rekening penerima manfaat. InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan dicairkan," tambah Zulkifli

Kepala Dinas Dayah Aceh Jaya menambahkan, pihaknya bukan cuma memberi beasiswa kepada santri, tapi juga program dapur sehat yang selalu berjalan di setiap dayah yang ada di Aceh Jaya.

"Kita akan bebaskan generasi muda untuk tidak terpengaruh narkoba, bahkan sedang kita konsep untuk dayah mandiri, memudahkan terwujudnya generasi muda kedepan dengan mayoritas memahami ilmu agama. Dan akhirnya, kita akan memiliki ulama baru di daerah ini," ucapnya. |agus liandi|

Editor:
Sponsored:
Loading...