Breaking News

Samangat ber-Kurban Warga Lamlagang tak Surut Karena Covid-19

Samangat ber-Kurban Warga Lamlagang tak Surut Karena Covid-19FOTO: Rusli Ismail
masyarakat mempersiapkan daging kurban sebelum dibagikan kepada warga

Banda Aceh,BERITAMERDEKA.net – Meski dalam suasana penuh duka cita di tengah kondisi mewabahnya Pandemi Covid-19 yang masih melanda, namun tidak sedikitpun menyurutkan warga Gampong Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh melaksanakan ibadah kurban pada Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi tahun ini.

Ternyata samangat ber-kurban bagi masyarakat Lamlagang tetap tinggi. Hal itu terbukti dengan semakin bertambah banyaknya hewan qurban yang disembelih tahun ini mencapai 59 ekor atau bertambah 10 ekor dibandingkan Idul Adha 1440 Hijryah/2019 Masehi.

Ketua Panitia Pelaksana Kurban Desa Lamlagang, Drs H Said Agustus kepada BERITAMERDEKA.net di sela-sela kesibukannya, Sabtu 1 Agustus 2020 mengatakan, semangat masyarakat tak surut bahkan bertambah untuk tetap menjalankan ibadah yang khusus dikerjakan saat lebaran haji tersebut, yakni berkurban.

Kepala Desa Lamlagang, Syamsul Bahri mengatakan, pelaksanaan kurban semakin membudaya di kalangan masyarakat. Penyembelihan kurban di Lamlagang dipusatkan halaman di pekarangan Masjid Jami’ As-Sadaqah desa setempat.  Sebanyak ribuan anak yatim, fakir, miskin, kaum dhuafa dan warga lainnya mendapat bantuan daging kurban tersebut.

Disebutkan, Syamsul Bahri, dari 59 ekor hewan kurban yang disembelih itu, terdiri dari  36 ekor sapi, dan 23 ekor kambing merupakan kurban dari warga Lamlagang. Tahun lalu jumlah hewan kurban hanya 49 ekor, terdiri dari 31 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Menanggapi semangat ber-qurban dari warga tersebut, Imum Chik Masjid Jami’ As-Sadaqah Lamlagang, Tgk H Marhaban mengatakan, ibadah qurban bermakna bagi umat muslim ialah menyembelih hewan tertentu, pada saat hari raya dan hari tasyrik, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Jadi kita maknai bahwa semangat berkurban ini bagian dari pada kita berupaya agar Covid-19 ini segera berakhir, kita mendekatkan diri kepada Allah melalui penyembelihan hewan qurban," katanya.

Ulama yang akrab disapa Cek Ban itu menyampaikan bahwa disamping upaya setiap orang untuk mendekatkan diri kepada Allah, semangat berkurban juga momentum untuk membantu antar sesama di tengah Covid-19.|Rusli Ismail|.

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...