Breaking News

Rusuh Massa Trump, 4 Tewas dan 52 Ditangkap

Rusuh Massa Trump, 4 Tewas dan 52 Ditangkap

BERITAMERDEKA.net - Kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Robert J Contee melaporkan bahwa empat orang tewas di halaman gedung Capitol Amerika Serikat dan 52 orang telah ditangkap. Capitol dilanda kerusuhan saat para pendukung Presiden Donald Trump menyerbu untuk menghentikan Kongres yang akan mengesahkan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (7/1/2021) dalam konferensi pers larut malam, Contee menolak untuk mengidentifikasi wanita yang tewas ditembak petugas Kepolisian Capitol.

Wanita itu ditembak ketika massa mencoba menerobos pintu yang dibarikade di Capitol di mana polisi bersenjata berada di sisi lain. Dia dirawat di rumah sakit dengan luka tembak dan kemudian meninggal.

 Tiga orang lainnya meninggal pada Rabu karena keadaan darurat medis.

"Seorang wanita dewasa dan dua pria dewasa tampaknya menderita keadaan darurat medis terpisah yang mengakibatkan kematian mereka," katanya, Rabu (6/1).

"Setiap kehilangan nyawa di Distrik itu tragis dan pikiran kami bersama siapa pun yang terkena dampak kehilangan mereka," lanjutnya.

Contee mengatakan bahwa 47 dari 52 penangkapan sejauh ini terkait dengan pelanggaran jam malam pukul 6 sore yang ditetapkan Walikota Distrik Columbia Muriel Bowser, dengan 26 di antaranya melibatkan orang-orang yang ditangkap dengan alasan aksi di Capitol AS.

Beberapa orang lainnya ditangkap dengan tuduhan terkait membawa senjata api tanpa izin.

 Selain itu, kata Contee, dua bom pipa ditemukan dari markas besar komite nasional Partai Republik dan Demokrat. Ada pula pendingin dari kendaraan di halaman Capitol AS yang berisi bom molotov.

Polisi mengatakan baik penegak hukum dan pendukung Trump mengerahkan bahan kimia yang menyebabkan iritasi selama berjam-jam pendudukan gedung Capitol, sebelum dibersihkan oleh aparat penegak hukum pada Rabu (6/1) malam.(*)

Sumber:detik.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...