Breaking News

Ribuan Siswa SD Ikuti ANBK di Agara

Ribuan Siswa SD Ikuti ANBK di Agara

Kutacane, BERITAMEDEKA.net- Sebanyak 3.543 siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Atau 168 sekolah negeri dan swasta di Aceh Tenggara, dimulai perdana Senin kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tenggara, Bakri Saputra, kepada BeM, Selasa (16/11/21) saat  memonitoring kegiatan Ujian ANBK ke sejumlah sekolah, mengatakan pelaksanaan ujian ANBK untuk siswa/i SD di Agara berjalan dengan  lancar.

Dari 168 sekolah, dilaksanakan dalam empat gelombang. Tahap pertama sebanyak 56 sekolah, gelombang kedua 50 sekolah, gelombang ketiga 37 sekolah dan keempat diikuti 25 sekolah, kata Bakri.

Menurutnya, untuk  pelaksanaan ujian ANBK, memakai dua sistem atau mode, yakni sistem semi online yang diikuti sebanyak 48 sekolah dan mode full online untuk 120 sekolah.

Kata dia, setiap sesi ANBK terdapat tiga sub test literasi yang terdiri latihan soal ujian dan survei karakter, kemudian ada numerasi yang didalamnya ada latihan soal dan survei lingkungan belajar (SLB).

Diakuinya ANBK bukanlah ujian kelulusan atau kenaikan kelas. Namun untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan kedepannya melalui potret input proses dan output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan.

Intinya program Kemendikbud tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya meningkatkan mutu dan kemampuan siswa, ujarnya.|Pardi alas|

Editor:
Sponsored:
Loading...