Breaking News

Resmikan Kilang Padi Modern, Akmal Berharap Swasembada Pangan

Resmikan Kilang Padi Modern, Akmal Berharap Swasembada Pangan
Bupati Abdya Akmal Ibrahim didampingi Wakil Bupati Muslizar, saat menandatangani prasasti. Kamis (18/2/2021)/|Mustafarudin|

Blangpidie, BERITAMERDEKA.net - Besar harapan Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Kabupaten Aceh Barat Daya bisa swasembada pangan dan pertanian modern. Harapanntersebut disampaikan Bupati Akmal Ibrahim, saat meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau alat pengilingan padi modern di
Balai Benih Utama (BBU) di Kecamatan Tangan-Tangan, Kamis (18/02/2021).

Dalam sambutannya, Akmal menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Abdya swasembada pangan, pihaknya sudah menyalurkan sejumlah bantuan, baik bibit maupun alat-alat pertanian kepada petani.

"Dengan adanya penggilingan padi modern ini, kita harapkan dapat mendukung petani, agar lebih bersemangat, khususnya untuk meningkatkan kualitas padi. Untuk mencapai hal itu, diperlukan dukungan bibit yang bagus dan peralatan pertanian canggih,” ucapnya.

Selain itu, tambah orang nomor satu di Bumoe Breuh sigupai, pabrik yang di klaim bisa menjawab kerisauan masyarakat yang setiap hasil panen, sering ‘mengekspor' hasil panennya kepada pengusaha luar Abdya, yang juga menghasilkan dua macam beras, yaitu premium dan medium.

Dengan adanya mesin pengeringan gabah, jadi petani tidak perlu khawatir padinya dipotong saat hujan dengan mesin pemotong padi.

Terlebih, kapasitas dryer atau pengeringnya mencapai 30 ton untuk 8 jam, sehingga sangat membantu petani dan para pengusaha padi lokal.

Akmal menyebutkan, RMU ini, juga dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena anggaran sewa pabrik tersebut, akan dijadikan PAD yang ditargetkan mencapai Rp 200 juta lebih pertahun. |Mustafarudin|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...