Breaking News

Reses Aleg Darwati A. Gani, Jaring Aspirasi dari Konstituen

Reses Aleg Darwati A. Gani, Jaring Aspirasi dari Konstituen
Anggota DPR Aceh, Darwati A. Gani, saat reses nya di salah satu warkop di Banda Aceh. (foto dec)

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net – Reses atau waktu istirahatnya legislatif dari kegiatannya di dewan, dipergunakan Darwati A. Gani untuk menjaring atau meminta masukan dari konstituen di daerah Dapil I, yaitu Kota Banda Aceh, Kota Sabang, dan Aceh Besar.

Jumat (09/04/2021), sekira pukul 10.00 WIB di salah satu warkop di Kawasan Lamdom, ratusan kaum perempuan dan segelintir kaum adam, hadir di acara yang dikemas dengan judul ‘Ngopi Bersama Perempuan Aceh” dalam rangka reses I/2021 anggota DPR Aceh.

Banyak hal yang dikemukakan konstituen kepada Anggota Legislatif (Aleg) ini. Ada yang meminta dukungan terhadap kegiatan lembaganya, dari PKK Gampong Lamdom meminta dibantu pengadaan peralatan PKK. Juga yang meminta untuk dibuatkan kegiatan peningkatan kapasitas perempuan dan keuchik perempuan, serta pendampingan terhadap kasus kekerasan perempuan dan anak.

Selain itu, sejumlah LSM minta audiensi khusus, karena tidak memungkinkan untuk disampaikan di forum tersebut, seperti lembaga pendampingan terhadap ODA HIV-Aids, Lembaga yang mendampingi para mualaf, juga seabrek permasalahan yang dikemukakan konstituen dihadapan Darwati A. Gani ini.

Dari masukan yang disampaikan masyarakat yang mayoritas adalah kaum perempuan ini, lebih kepada meminta dukungan untuk programnya atau bagi kepentingan kegiatan perempuan, baik untuk gampong, komunitas, maupun lembaga yang dikemas dengan bahasa yang lugas dan apik, yang dinilai Darwati bahwa kaum perempuan Aceh memiliki pengetahuan tinggi, wawasan luas, dan pintar-pintar.

“Mengapa tidak mengikuti jejak saya, menjadi anggota dewan. Dengan semakin banyaknya perempuan yang duduk di legislatif, yang berarti akan semakin banyak pula yang dapat mendukung dan peduli serta konsen membela kepentingan perempuan,” ujarnya.

Aleg yang duduk di komisi I DPRA ini, menampung aspirasi yang disampaikan masyarakat. Ia pun berjanji akan membantu dan memberikan dukungan semampu dirinya, kalau pun tidak bisa 100 %, akan diupayakan minimalnya, termasuk kepada PKK Gampong Lamdom.

Hanya saja, ia berpesan, agar perempuan Aceh, terlibat aktif di gampong, khususnya ketika membicarakan program atau rencana di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat gampong. Mengapa? Dengan keterlibatan perempuan, nantinya list dari Musrembang akan diisi dengan kegiatan mengingkatkan kapasitas perempuan dan tidak melulu pembangunan fisik belaka.

Diakhir kegiatan reses nya, Darwati A. Gani menyampaikan akan mengulang kegiatan serupa, menjaring aspirasi dari masyarakat. Hal ini seolah mengingatkan dirinya bahwa ia harus berbuat lebih banyak lagi untuk daerah ini, dari masukan yang disampaikan masyarakat kepada nya. | dec |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...