Breaking News

Regulasi Belum Jelas, Keuchik Tetap Bagikan Sembako Dari Dana Desa

Regulasi Belum Jelas, Keuchik Tetap Bagikan Sembako Dari Dana DesaGampong Matang Neuhen Aceh Timur | foto ist..

Aceh Timur, BERITAMERDEKA.net - Dampak dari kesulitan ekonomi, meski regulasi belum jelas, namun Gampong Matang Neheun, Kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur mengangarkan dana APBG sebesar Rp 64 juta penyediaan sembako untuk dibagikan kepada warganya mulai Senin 4 Mei 2020.

Pembagian sembako dilakukan di Kantor Geuchik Gampong setempat. Muzakir H. Manan Geuchik Matang Neuhen menjelaskan bahwa Pembagian sembako sudah berjalan sejak tahun 2019 yang lalu, ini adalah merupakan program berkelanjutan.

"Yang dibagikan ini bukan sembako penangulangan Covid 19, sembako ini adalah Program Batuan Sosial untuk fakir miskin yang sudah berjalan.

Biasanya mereka bagikan diakhir tahun, namun karena kondisi saat ini dan banyak warga yang mengalami kesulitan ekenomi akibat wabah ini, makanya pembagian sembako tahun 2020 ini kita ajukan pada awal tahun dan ini sudah disetujui oleh DPMG Aceh Timur," tegas Muzakir, Selasa 5 Mei 2020.

Lebih lanjut dikatakan, sembako ini diperuntuk bagi 213 KK, tidak diberikan kepada PNS dan penerima PKH dari Pemerintah. Diperuntukkan khusus masyarakat miskin dan lansia.

Pada Tahun 2019 yang lalu, kita alokasikan sebesar Rp. 40 jt  dengan 201 KK yang menerima manfaat dari program tersebut.

Adapun Isi paket sembako yang dibagikan diantaranya berupa beras 1 Sak 15 Kg, Minyak Goreng 3 Kg, Gula Pasir 3 Kg, Telur Ayam 1 Papan, dan Kurma 1,5Kg.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Plt Kadis DPMG Aceh Timur, Talfialsyah melarang pengadaan sembako yang dianggarkan dari dana/anggaran Gampong bagi warga terdampak Covid-19 karena belum ada regulasi.

Talfialsyah mengatakan beberapa waktu lalu pada media, Gampong yang telah mencairkan dana tahap I harus segera membentuk Tim Relawan Gampong Tanggap Covid-19.

Hal itu sesuai Surat Edaran Bupati Aceh Timur, dalam rangka pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), beserta dampaknya dalam Kabupaten Aceh Timur. 

Namun tidak dibenarkan melakukan pengadaan sembako bagi warga terdampak Covid-19 karena belum ada regulasi. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...