Breaking News

Ratusan Ikan Mati di Sungai Peuneuhan, Diduga Akibat Limbah Tambak Udang Vaname

Ratusan Ikan Mati di Sungai Peuneuhan, Diduga Akibat Limbah Tambak Udang Vaname

Calang,BERITAMERDEKA.net- Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Aceh, Azwar Anas menyayangkan ratusan ikan mati di Sungai Peuneuhan Desa Kuala, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Ia menjelaskan dari informasi yang diterima dari  masyarakat setempat, ikan mati di sungai tersebut diduga akibat sungai tercemar dari buangan limbah tambak udang vaname yang ada di desa setempat.

"Kematian ratusan ikan di Sungai Peuneuhan tersebut, sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu, yang diduga akibat limbah tambak udang," kata Azwar Anas, Selasa (23/02/2021).

Menurutnya, akibat kematian ikan dari berbagai jenis membuat ratusan warga yang berprofesi sebagai nelayan, merasa kehilangan mata pencaharian yang diakibatkan ikan yang mati tersebut.

Bahkan, banyak dari warga Desa Kuala yang kesal, karena mata pencaharian warga, hilang sejak beberapa hari ini, karena sungai mereka telah tercemar.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hingga hari ini belum ada dinas atau pihak terkait yang mengunjungi lokasi tersebut, untuk melihat pencemaran sungai hingga menyebabkan ikan mati mendadak.

Selain itu, KNTI juga meminta Pemkab. Aceh Jaya dan DPRK setempat, untuk membentuk tim bersama agar bisa meninjau lahan tambak yang membuang limbah ke sungai tersebut dan bila perlu tambak yang membandel diberi sanksi.

Ketua KNTI Aceh mengharapkan, Bupati Aceh Jaya, tegas kepada dinas terkait yang lalai dalam mensosialisasi masalah izin tambak dan  dampak dari limbah bisa merusak ekosistem air  dan membunuh semua habitat ikan. |MUSLIADI|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...