Breaking News

RASTIK Aceh Mengutuk Pengeroyokan Aktivis Lingkungan Alm. Faisal

RASTIK Aceh Mengutuk Pengeroyokan Aktivis Lingkungan Alm. Faisal
Korban Faisal, saat koma di rumah sakit, pascadikeroyok Selasa malam Rabu kemarin. (Beritamerdeka.net/Ist)

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net- Peristiwa pengeroyokan terhadap Faisal warga Lamteuba yang juga aktivis lingkungan hingga berakhir dengan meregang nyawa, sangat menghentakkan hati sanubari pegiat lingkungan di Aceh. Terkait peristiwa anarkis tersebut, Rimbawan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (RASTIK) mengutuk dan mengecam prilaku sadis yang dilakukan oknum masyarakat terhadap Faisal.

Kabid Advokasi RASTIK Aceh, Efendi Isma S.Hut menyebutkan, kasus tersebut harus diselesaikan secara tuntas oleh aparat penegak hukum, apalagi bila ditemukan hubungan nya dengan kegiatan illegal logging yang sudah sangat meresahkan masyarakat Lamteuba, karena Lamteuba adalah kawasan penyangga bagi Gunung Seulawah.

Diakui Efendi, jiwa patriotisme almarhum Faisal mencerminkan wujud kecintaannya kepada lingkungan untuk mencegah Lamteuba dari deforestasi yang dapat mengancam ketersediaan air untuk seluruh masyarakat Lamteuba. Dan lagi, semangat almarhum Faisal adalah semangat seorang pejuang yang bersedia memberikan nyawanya untuk terus terancam oleh pihak-pihak yang benci pada kegiatan yang selama ini dia lakukan.

RASTIK Aceh mengutuk kejadian pengeroyokan almarhum Faisal dan meminta pihak kepolisian untuk mengembangkan kasusnya dan menangkap para tersangka pengeroyok untuk diberikan hukuman setimpal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Presidium RASTIK Aceh, Subhan, S.Hut yang juga merupakan petugas Gakkum KLHK yang sekarang bertugas di Pulau Borneo menyayangkan aksi pengeroyokan sehingga menyebabkan hilangnya nyawa manusia. Selama bertugas di Gakkum KLHK sudah sering menemui upaya peredaman perlawanan masyarakat terhadap aktifitas kejahatan kehutanan dengan cara represif oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Subhan juga meminta Pemerintah Aceh, untuk segera bertindak dan mengakhiri tindakan premanisme di tengah masyarakat Lamteuba, juga Aceh lainnya.

Senada itu,  Plt. Sekjend RASTIK Aceh, Taufiqurrahman meminta masyarakat Lamteuba untuk terus meningkatkan perlawanan terhadap tindakan illegal yang menyebabkan deforestasi di Gunung Seulawah agar hutan Seulawah lestari dan masyarakat Lamteuba hidup dalam suasana nyaman.

Taufiq juga meminta pihak Polda Aceh, untuk melakukan pengawalan terhadap kasus pengeroyokan ini agar tidak terulang lagi di masa depan khususnya dalam masyarakat Lamteuba. (rel/DEC)

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...