Breaking News

Rakor MPA dengan MPD Kab/Kota, Bahas Isu Pendidikan di Era New Normal

Rakor MPA dengan MPD Kab/Kota, Bahas Isu Pendidikan di Era New Normal
Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M. Sc., Ketua MPA.

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net- Memperkuat keistimewaan Aceh dan respon pembelajaran masa pandemi Covid-19, Majelis Pendidikan Aceh (MPA) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan segenap MPD Kabupaten/Kota se-Aceh, dari tanggal 9 hingga 10 November di Hotel Kriyad Banda Aceh.

Rakor dilakukan untuk mensosialisasikan kembali peran dan fungsi MPA kepada para pemangku kepentingan pendidikan di Aceh.  Memberikan  informasi  tentang  perkembangan  pendidikan di Aceh, isu-isu pendidikan dan tantangan dihadapi pemerintah daerah dan  masyarakat  dalam proses belajar di era new normal.

Membangun sinergitas antara MPA dan MPD serta pemangku kepentingan pendidikan tentang permasalahan issu pendidikan di era new normal dan upaya pemecahan masalah melalui berbagai alternatif kebijakan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah, ujar Ketua MPA, Prof Abdi A Wahab, Senin (9/11/2021) di Banda Aceh.

Prof Abdi A Wahab menyebutkan bahwa semua pemangku kepentingan terkait  khususnya Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kanwil Kemenag Aceh, MPD Kabupaten/Kota, perlu diajak serta memikirkan penyusunan, implementasi, dan evaluasi kebijakan pembangunan pendidikan Aceh.

Senada itu, Teuku Mirzuan, menyebutkan masa pandemi menyebabkan pergeseran proses pembelajaran terutama penggunaan ICT dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru, tetapi faktanya guru-guru (SD/sederajat dan SMP/sederajat) kesulitan dalam pemanfaatan nya, sehingga perlu dilakukan pendampingan.

Menurut Mirzuan, melalui rapat koordinasi ini diharapkan terwujudnya sinkronisasi dan harmonisasi  langkah  dalam  rangka  membangun  pendidikan  Aceh  yang lebih bermutu dan terjangkau terutama dalam optimalisasikan proses pembelajaran di masa new normal.

Peserta yang hadir, Pengurus Majelis Pendidikan Aceh (MPA), Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten/Kota se Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Biro Isra Setda Aceh, Kepala Kanwil Kemenag Aceh. Kepala Bappeda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Dekan FKIP Unsyiah, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Ar- Raniry dan kepala sekretariat Majelis Pendidikan Aceh. |*|

Editor:
Sponsored:
Loading...