Breaking News

Qunut Nazilah Menggema Masjid di Aceh

Qunut Nazilah Menggema Masjid di Aceh
Ramaikan Masjid | foto r ismail

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net – Ratusan jamaah yang menunaikan ibadah shalat Jumat kedua awal Ramadhan 1441 H dan shalat sunnah tarawih di masjid-masjid di Banda Aceh, Jumat 1 Mei 2020, memanjatkan doa qunut nazilah dalam shalatnya.

Pelaksaan shalat tarawih dan shalat Jumat selama Ramadhan tahun ini hampir semua mushalla dan masjid tetap memanjatkan doa qunut nazilah di rakaat terakhit shalat witir dan rakaat terakhir shalat Jumat.

Qunut nazilah adalah bacaa doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, dibaca setelah ruku’ pada rakaat terakhir dalam shalat. Zaman Nabi, qunut nazilah dibaca pada saat ada peristiwa penindasan yang menimpa kaum muslimin, dengan tujuan untuk menyingkirkan penindas.

Saat ini doa qunut nazilah digunakan untuk menyingkirkan bala (bencana), termasuk saat terjadi wabah penyakit mematikan saat ini yang sedang melanda umat di duni, seperti Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang sedang mewabah saat ini.

Pantauan BERITAMERDEKA.net, jamaah shalat Jumat perdana (24 April 2020 dan Jumat kedua, 1 Mei 2010 serta shalat tarawih di rakaat terakhir witir selama Ramadhan tahun ini selalu dibaca doa tolak bala tersebut. Hal itu seperti yang dilakukan di Masjid Jami’ As-Sadaqah, Mushalla Al-Muhajirin, Gampong Lamlagang, Masjid Haji Keuchiek Lumiek, Lamsupeueng, Lueng Bata.

Di masjid yang terakhir disebutkan tadi, para jamaah diwajibkan menggunakan masker dan membawa sajadah sebelum menunaikan shalat berjamaah di dalam masjid tersebut. 

Di Masjid As-Sadaqah Lamlagang, Kecamatan Bada Raya dan Masjid At-Taqwa Seutui, Kec. Baiturrahman juga menyediakan sterilisasi disinfektan, air lengkap dengan sabun cuci tangan.

Salah seorang jamaah usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Lumiek kepada BERITAMERDEKA.net mengatakan, apa  yang dilakukan Badan Pengurus Masjid (BKM) ini mewajibkan jamaah membawa masker dan sajadah dari rumah sangat tepat guna mencegah meluasnya penyebaran wabahn Corona.

Aturan-aturan shalat di masjid di tengah pandemi ini tidak perlu dipersoalkan atau diperdebatkan. Kita juga maklum jamaah yang sedang mengalami batuk, flu, dan demam, dianjurkan agar shalat di rumah sampai redanya pandemi Covid-19 ini. Insya Allah, virus Corona segera berlalu. 

Ramadhan Momentum Putus Mata Rantai Covid-19

Di Masjid Jami’ Haji Keuchik Leumiek Lamseupemng, Kecamatan Lueng Bata, ratusan jamaah melaksanakan Shalat Jumat, 1 Mei 2020. Meski dalam suasna pandemi Covid-19, antusias umat Islam di masjid-masjid terbilang masih sangat tinggi.

Sejumlah jamaah shalat Jumat di Masjid Jami’ tersebut terlihat memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan membawa sajadah masing-masing.

Kemudian di Masjid Jami’ As-Sadaqah Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, sebagaiman dipantau BERITAMERDEKA.net, Jumat 1 Mei 2020, jamaahnya berduyun-duyun dan penuh sesak hingga ke teras dan lantai dua masjid itu, Bertindak sebagai imam Ustaz Mukhtar Harun, SP dan khatib yakni Ustaz Tg. Rusli Daud, S.HI.

Ramadhan diharapkan menjadi momentum untuk memutus mata rantai penularan wabah Covid-19. “Melalui momentum bulan suci Ramadhan ini, mari kita bersihkan jasmani dan rohani, “ujar Tgk. Rusli Daud.

Dia menyebutkan, bagi orang beriman, wabah Covid-19 merupakan ujian dari Allah SWT. Karena itu, mari selalu berdoa supaya wabah ini cepang hilang.

“Kalau kita orang beriman, maka kita yakin ini adalah ujian. Tinggal bagaimana kita mengintrospeksi diri serta menyikapinya dengan arif dan bijaksana. Mari kita menjalankan kehidupn sehari-hari dengan bersih jasmani dan rohani kita,“ ujarnya.

Namun suasana Bulan Suci Ramadhan 1441 H ini, berbda dari Ramadhan tahun lalu. Hal ini karena adanya masalah yang sedang menimpa dunia termasuk Indonesia dan Aceh, yakni wabahnya virus Corona (Covid-19).

Menurut Tgk Rusli Daud, virus Corona adalah sebuah musibah yang datangnya dari Allah sebagai bentuk peringatan kepada ummat-Nya.

Shalat Jumat pedana dan Jumat kedua di bulan suci Ramadhan 1441 H, jumlah jamaah masjid di Banda Aceh terlihat normal, bahkan meningkat dibanding shalat Jumat di luar Bulan Ramdhan. | r ismail |

Sponsored:
Loading...
Loading...