Breaking News

Puluhan Muslim Rohingya, Kembali Masuki Perairan Aceh Timur

Puluhan Muslim Rohingya, Kembali Masuki Perairan Aceh Timur
Foto Ilustrasi

Simpang Ulim, BERITAMERDEKA.net - Pulau idaman yang masuk kawasan Kecamatan Simpang Ulim di perairan Aceh Timur, kembali didatangi pengungsi Rohingya dari Negra Myanmar.

"Benar, warga melihat kapal kayu bersandar di pulau tersebut, dengan mengangkut 81 Muslim Rohingya," ungkap Geuchik Gampong Kuala Simpang Ulim, Idris Umar, Kepada awak media, Jumat (04/06/2021). 

Menurutnya, keberadaan manusia perahu, itu sudah dilaporkan ke aparat keamanan setempat. Ia pun melarang warga gampong untuk mendekat, menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Saat ini, pihak TNI dan Polri sudah berada di lokasi," sebut Umar lagi.

Dikatakan lagi, namun karena rasa kemanusiaan, warga memberikan makanan dan minuman dari jauh.

"Makanan dan minuman mereka berikan dengan cara meninggalkannya di tepi pantai pulau tersebut, lalu mereka mengambilnya," tukas Umar.

Saat ini, para pengungsi masih bertahan di pulau tersebut, sementara pihak terkait belum memberikan statement apapun mengenai manusia perahu itu.

 Sementara itu, Camat Simpang Ulim, T Jalaluddin, menyebutkan pihaknya sedang berkoordinasi dengan terdamparnya 81 imigran Rohingya asal Negara Myanmar tersebut.

Saat ini pihaknya, ujar Camat, sudah menyalurkan bantuan berupa beras, mie instan, roti, air mineral dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

“kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Penanganan lebih lanjut kita tunggu Tim UNHCR datang ke lokasi dan 81 orang yang terdiri dari pria dan wanita dalam kondisi sehat," tutup camat. | syafrul |

Editor:
Sponsored:
Loading...