Breaking News

Program Kerja Biden Antusias Pasar IHSG dan Rupiah Menguat

Program Kerja Biden Antusias Pasar IHSG dan Rupiah Menguat

Medan, BERITAMERDEKA.net - Program kerja Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mendapat sambutan antusias pasar terbukti Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dan nilai tukar Rupiah menguat

Kinerja IHSG pada hari ini cukup mengesankan. IHSG naik tajam 1.71% di level 6.429,,76, Meski sempat terpuruk di awal sesi pembukaan perdagangan.

Pelaku pasar kembali dinaungi kabar positif seiring program kilat Joe Biden yang telah dicetuskan.

"Dari beberapa program tersebut diprediksikan ada ren cana pembukaan sekolah dan dunia usaha," kata pengamat ekonomi Gunawan Benyamin saat berbincang dengan Beritamerdeka.net di Medan, Rabu 20/1/2021.

Program kilat di awal menjabat sebagai orang nomor wahid di negeri Paman Sam itu memang memberikan gambaran AS siap bangkit dari keterpurukan akibat pandemic covid 19.

. Namun, program tersebut katanya belum secara rinci dija barkan dalam tatanan teknisnya. Program ini justru bisa membuat penambahan pasien covid 19.

"Kalau diasumsikan bahwa AS akan membuka dunia usaha kembali, berarti ini hanya sentiment sesaat dan penuh resiko," ujar Benyamin.

Dosen UISU Medan ini menyebutkan secara keseluruhan program kerja Joe Biden yang diutarakan belum ada penjelasan kongkrit, terkait penyelesaian masalah eko onomi dunia seiring intensitas perang dagang, serta kemungkinan agresi militer di laut China selatan.

Benyamin menilai pelaku pasar terlalu dini jika bereuforia dengan sejumlah langkah Biden tersebut.Kenaikan kinerja pasar saham hari ini tidak terlepas dari aksi beli asing yang mencapai Rp 1,6 trilyun. Disisi lain, mata uang Rupiah menguat di kisaran level Rp 14.035 per dolar AS. |BACHTIAR  A |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...