Breaking News

Presiden Soeharto dan Bu Tien tak Punya Niat Kelola TMII Secara Mandiri

Presiden Soeharto dan Bu Tien tak Punya Niat Kelola TMII Secara Mandiri
Alm Bu Tien merupakan sosok dibalik pembangunan TMII / foto ist

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Sekretaris Yayasan Harapan Kita (YHK), Tria Sasangka Putra mengatakan, Presiden ke-2 Soeharto dan Istrinya, Raden Ayu Siti Hartinah atau lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto tidak ada niatan untuk mengelola Taman Mini Indonesia Indahsecara mandiri. Karena itu sejak dibangun hingga peresmian, langsung diserahkan pada negara.

"Presiden Soeharto dan Ibu negara tidak memiliki niat swa kelola TMII secara mandiri," katanya dalam akun YouTube CendanaTV, Minggu (11/4/2021).

Terkait pembangunan TMII yang dilaksanakan YHK, saat itu merupakan pilihan alternatif untuk master plan DKI Jakarta sebagai ibu kota.

"Pertimbangan YHK alternatif ke-4 adalah bertumpu pada skala prioritas, agar tidak mengganggu prioritas pembangunan tersebut, dan hasil dari publik hearing DPR pada masa itu," jelasnya.

Pada 2010, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melakukan proses balik nama hak pakai. Dari semula atas nama Yayasan Harapan Kita menjadi atas nama pemerintah RI.

"Tanah TMII seluas 150 hektare, sebagai kontribusi kepada negara, YHK telah melakukan tugas mengelola TMII," bebernya.(*)

Sumber:Merdeka.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...