Breaking News

Bank Aceh

Pondok Kemuning, Gampong Pertama Menyalurkan BLT di Kota Langsa.

Pondok Kemuning, Gampong Pertama Menyalurkan BLT di Kota Langsa.
Wakil Walikota saat menyerahkan BLT secara simbolis | foto syafrul

Langsa, BERITAMERDEKA.net -
Gampong Pondok Kemuning menjadi yang pertama diantara 65 Gampong lainnya di kota Langsa yang menyalurkan BLT dari Dana Gampong kepada warganya, Selasa 19 Mei 2020.

Karena itu, pemberian BLT secara simbolis diserahkan oleh Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid kepada salah seorang warga setempat.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hamid mengatakan, Pemerintah Kota Langsa, yang diwakili dirinya memberikan apresiasi kepada geuchik, tuha peut, dan perangkat gampong setempat sebagai gampong pertama yang menyalurkan BLT dana desa tahap pertama.

“Apa yang dilakukan perangkat Gampong Pondok Kemuning segera di ikuti oleh Gampong Gampong lainnya agar masyarakat segera terbantu ekonomi dari imbas Covid 19,” kata Marzuki.

Dirinya juga menjelaskan tentang penerima BST yang menjadi sorotan akhir akhir ini, bahwa nama-nama masyarakat yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) yang diusulkan ke kementerian merupakan data tahun 2011 dan telah diperbarui tahun 2015. Namun, itu bukan merupakan data yang dibuat oleh gampong. Mutlak kewenangan Kemensos yang melakukan pendataan melalui relawannya, sehingga jika ada warga yang tidak masuk itu bukan salah geuchik, camat, atau kadissos, karena unsur ini tidak dilibatkan.

“Penyaluran BLT ini harus transparan, nama penerima diumumkan atau ditempel di kantor geuchik. Alhamdulillah, saya mendengar nama-nama penerima BLT di Gampong Pondok Kemuning, sudah diumumkan secara transparan,” ucapnya.

Marzuki juga mengingatkan, masyarakat agar jangan menganggap remeh wabah Covid-19. Masyarakat harus ikut mencegah agar virus tidak terjadi di Kota Langsa dan Aceh umumnya.

“Tetap jaga kebersihan, gunakan masker saat berpergian, jaga jarak, dan hindari berkumpul-kumpul jika tidak ada kepentingan yang mendesak, intinya masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah,” tegasnya dihadapan para penerima BLT.

Pada acara itu, hadir Kepala DPMG Langsa Al Azmi, Camat Langsa Lama Zakaria, Ketua Tuha Peut Asmiadi, Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Timur, dan Babinsa Koramil Langsa Timur.

Sementara itu, Saiful Azhar Geuchik Gampong Pondok Kemuning, menyampaikan, penerima BLT dana desa untuk tahap pertama bulan April 2020 sebanyak 143 kepala keluarga, dan masing-masing menerima sebesar Rp 600 ribu, yang akan dibagikan selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni.

Ia menegaskan, untuk pengusulan nama-nama yang dapat BLT dana desa ini sudah melalui beberapa tahapan, bahkan telah melalui musyawarah khusus pembahasan penerima BLT dana desa yang dihadiri perangkat gampong, tuha peut, imam gampong, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa, serta pendamping dari Dinas Sosial Kota Langsa.

Sementara itu, untuk penyalurannya bekerja sama dengan Bank Aceh Syariah Cabang Langsa.

Kata Saipul Lagi, selain menyalurkan BLT dana desa, Pemerintah Gampong Pondok Kemuning juga telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan virus corona atau Covid-19 di antaranya penyemprotan disinfektan ke pemukiman warga dan fasilitas umum, pembagian masker, dan pembagian sarana cuci tangan ke musala.

“Mudah-mudahan BLT ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan diimbau kepada masyarakat untuk terus tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam hal mencegah penyebaran virus corona,” kata Saipul mengakhiri pidatonya. | syafrul |

Sponsored:
Loading...