Breaking News

Polri Mulai Periksa Keluarga Jozeph Paul Zhang di Indonesia

Polri Mulai Periksa Keluarga Jozeph Paul Zhang di Indonesia

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Polri terus melalukan proses penegakan hukum terhadap tersangka penista agama dan ujaran kebencian, Jozeph Paul Zhang dengan mulai melakukan pemeriksaan terhadap pihak keluarganya.

"Proses tetap berjalan, Bareskrim Polri dalam hal ini penyidik akan memeriksa orang-orang terdekat (keluarga) dengan yang bersangkutan," kata Karo Penmas Divisi Humas, Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (22/04/2021).

Pemeriksaan ini, kata Rusdi, untuk menggali seputar Jozeph Paul Zhang yang saat ini diketahui berada di Jerman. Pemilik nama Shindy Paul Soerjomoeljono (SPS) itu telah meninggalkan Indonesia sejak tahun 2018 silam.

Meski demikian, Polri telah mengkonfirmasi kepada KBRI di Berlin, Jerman bahwa hingga saat ini Jozeph Paul Zhang belum meminta pergantian kewarganegaraan.
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan sebelumnya menyatakan, Jozeph Paul Zhang (JPZ) tak akan bisa lari dari jerat hukuman Indonesia meskipun saat ini Jozeph berada di Jerman.

Meski Indonesia dengan Jerman tak ada perjanjian ekstradisi, bukan berarti ada perbuatan pidana warga negara Indonesia di sana tidak bisa diproses melalui hukum Indonesia.

"Indonesia menganut asas teritorial dan nasionality," kata Ahmad kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/04/2021).
Dijelaskannya, asas terotorial itu ialah setiap warga negara manapun yang melakukan tindak pidana di Indonesia akan diproses dalam hukum Indonesia.

Sementara asas nasionality di mana setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berbuat tindak pidana di negara manapun bisa diproses dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Nah sepanjang JPZ itu adalah Warga Negara Indonesia, mau dia melakukan tindak pidana di negara A, di B, C itu bisa diproses di Indonesia, asas nasionality yang dipakai. Itu asas yang berlaku di hukum pidana di Indonesia," pungkas Ahmad Ramadhan.(*)

Sumber:Bliz
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...