Breaking News

Bank Aceh

Pisang Banyak Manfaat bagi Tubuh

Pisang Banyak Manfaat bagi Tubuh

BERITAMERDEKA.net - Buah pisang yang banyak manfaatnya untuk tubuh kita.
Buah yang satu ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat dan memang termasuk buah yang disukai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya.

Ya, buah pisang namanya.., yang memang dikenal kaya akan manfaat. Buah Pisang, tak hanya baik untuk kecantikan tapi juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kita rutin konsumsi buah pisang, cukup dua buah pisang setiap hari, akan terasa sekali manfaatnya.

Dilansir dari laman MomJunction, berikut manfaat rutin konsumsi pisang, dua buah per hari :
Menurunkan risiko kanker :

Pisang mengandung vitamin C yang tinggi, yang termasuk salah satu antioksidan terkuat di dunia.

Antioksidan mampu mengikat dan menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

Tak hanya itu, kandungan serat pada pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko kanker kolorektal secara spesifik.

Menenangkan perut:
Buah ini bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Pisang mengandung kalium yang membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit tubuh.

Sedangkan serat yang ada dalam pisang membantu menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan, sehingga dapat mengatasi sembelit.

Selain itu, pisang juga mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin, yang mengikat kolesterol dan memoderasi penyerapan glukosa dengan mengikat karbohidrat

Buah pisang
Memenuhi kebutuhan kalium harian :

Kalium sangat berperan penting dalam tubuh kita, yang terlibat dalam mengatur tekanan darah, menyeimbangkan detak jantung, dan memicu pelepasan insulin.

Bekerja sama dengan natrium, kalium juga berfungsi untuk mengontrol kadar cairan dalam tubuh.

Adapun kebutuhan kalium harian orang dewasa sekitar 3.500-4.700 mg per hari, maka untuk mendapatkan cukup asupan kalium yang bisa di peroleh dari buah pisang.

Meningkatkan kesehatan jantung :
Sebuah penelitian telah menunjukkan orang yang mendapatkan setidaknya 4.069 mg kalium setiap hari memiliki risiko 49% lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung iskemik daripada mereka yang mendapat kurang dari 1.000 mg.

Serat, vitamin C, dan vitamin B6 membentuk trio kecil yang kuat yang berfungsi untuk menjaga jantung tetap kuat.

Menjaga tekanan darah yang sehat :
Keseimbangan natrium dan kalium membuat ginjal dapat mengontrol tekanan darah dengan menyesuaikan tingkat cairan yang tersimpan dalam tubuh.

Sayangnya, banyak dari kita mendapatkan terlalu banyak natrium dalam makanan dan tidak cukup kalium, sehingga bisa mendorong tekanan darah hingga ke tingkat yang tidak sehat, rutin makan dua buah pisang setiap hari, akan mengurangi risiko hipertensi dan juga terhindar dari tekanan darah yang tinggi selama kehamilan yang bisa berbahaya bagi janin.

Namun disarankan, sebaiknya seimbangi pula dengan sayuran, buah-buahan lainnya dan tentunya olahraga teratur.***

Sumber:Depokini
Sponsored:
Loading...