Breaking News

Pengabdian Dosen FH Unimal di Masyarakat

Pilciksung Gampong Tambon Tunong di Tengah Pandemi

Pilciksung Gampong Tambon Tunong di Tengah Pandemi

Aceh Utara,BERITAMERDEKA.net- Salah satu gampong yang melaksanakan tahapan pemilihan geuchik langsung di masa pandemi covid-19 yaitu Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Hal ini mengacu ke Surat Edaran Bupati Aceh Utara Nomor 141/242 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Imum Mukim dan Geuchik ditengah pandemi.

Awalnya warga kebingungan dikarenakan tidak diperbolehkan membuat acara keramaian. Namun, Bupati Aceh Utara mencari solusi untuk permasalahan tersebut, sehingga dikeluarkan Surat Edaran Bupati Aceh Utara.

Seperti diketahui, Dasar Pelaksanaan Surat Edaran Bupati Aceh Utara Nomor 141/242 tentang Pelaksanaan Pemilihan Imum Mukim dan Pemilihan Geuchik dalam kabupaten Aceh Utara yaitu Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang  Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Geuchik di Aceh.

Menarik nya di pemilihan Geuchik Gampong Tambon Tunong, salah satu dosen Universitas Malikussaleh yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Hukum Hadi Iskandar SH.  MH. di percaya sebagai Ketua Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) dalam rapat Tuha Peut Gampong setempat.

Hadi Iskandar mengungkapkan masa jabatan kepala desa sudah habis, sehingga diperlukan pemilihan Kepala desa/Geuchik. Mereka pun mengacu kepada surat edaran bupati dan prosesi pemilihan juga sesuai dengan Qanun  Aceh.

"Pembukaan pendaftaran Bakal Calon Geuchik Gampong Tambon Tunong di mulai 22 Februari hingga 12 Maret 2021, dan Alhamdulillah yang mendaftar ada dua Balon Geuchik yaitu Asnawi A Jalil dan Murdani," ujarnya.

Ia menambahkan, Tahapan Pelaksanaan dari Penerimaan Pendaftaran Bakal Calon, Verifikasi bakal Calon, Pengumuman Hasil Verifikasi beserta masa sanggah, Penetapan Bakal Calon menjadi Calon, Pengundian Nomor Urut Calon Geuchik dan Kampanye (Penyampaian visi, misi dan Program).

Kemudian, Masa Tenang dan Konsolidasi calon, Pemilihan dan Perhitungan suara serta Pengesahan berita acara pemilihan), juga panitia sedang me verifikasi data pemilih. Semua tahapan ini, akan dilakukan. Dan pelaksanaan kegiatan pemilihan akan  dilaksanakan selesai lebaran Idul Fitri, sebutnya.

Ia pun menuturkan, apa yang dikerjakannya merupakan salah satu bentuk pengabdian para dosen di Unimal kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Gampong Tambon Tunong Jatanizar, S.Ag., mengatakan  pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pemilihan geuchik untuk periode 2021-2027. | Haikal |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...