Breaking News

Pijay Siapkan 18 Ha Lahan Pengembangan Sapi dan Kerbau

Pijay Siapkan 18 Ha Lahan Pengembangan Sapi dan KerbauFOTO: Istimewa
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pidie Jaya, Syukri Itam meninjau lahan ternak

Meureudu, BERITAMERDEKA.net – Banyaknya ternak sapi milik warga yang berkeliaran di tempat-tempat umum bahkan hingga memasuki komplek perkantoran menjadi perhatian serius dari Pemkab Pidie Jaya.

Bentuk perhatian serius itu, Pemkab Pidie Jaya (PiJay) mempersiapkan lahan seluas 18 hektare (ha) untuk pengembangan ternak sapi dan kerbau, yang berlokasi di Gampong (Desa) Lhok Pusong, Uleegle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya.

Lahan yang sebelumnya dikelola Yayasan Masyarakat Makmur Mitra (Mamamia) sudah beberapa tahun dibiarkan terlantar begitu saja tanpa ada upaya untuk memfungkannya secara maksimal.

Kini dengan ada upaya dari Pemkab setempat untuk menjadikan lahan tersebut sebagai pusat pengembangan ternak sapi dan kerbau telah mendapat sambutan dan dukungan dari masyarakat, ungkap beberapa tokoh mesyarakat Ulee Gle kepada BEREITAMERDEKA.net, Rabu 24 Juni 2020.

“Kabarnya Pemkab melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pidie Jaya akan memfungsikan kembali lahan terlantar tersebu,” kata Muhammad, tokoh masyarakat setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Amiruddin mengatakan, pihaknya belum lama ini telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi lahan tersebut. Dilihat dari letak dan tofografi keberadaan lahan tersebut sangat cocok dijadikan lokasi pengembangan ternak sapi dan kerbau.

Di lahan seluas itu direncanakan untuk lokasi pengembangan dan pemeliharaan ternak sapi dan kerbau. Juga sekaligus sebagai kebun rumput ternak, sehingga untuk makanan ternak tidak akan terkendala saat pengembangan nanti.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pidie Jaya, Syukri Itam menambahkan, pihaknya akan terus berupaya mewujudkan rencana mulia itu untuk mendukung pengembangan perekonomian masyarakat.

“Kami berencana akan memulainya rencana itu pada tahun 2021 mendatang,“ katanya. |Rusli Ismail

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...