Breaking News

Bank Aceh

Pijay Diminta Maksimalkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan

Pijay Diminta Maksimalkan Pembangunan Ekonomi KerakyatanFOTO: Rusli Ismail
Penjual Ade di Pidie Jaya

Meureudu,BERITAMERDEKA - Sektor agribisnis bisa mendongkrak Pendapatan Asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk itu, Pemkab Pidie Jaya harus memaksimalkan fasilitas pembangunan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan.

Pengamat ekonomi di Pidie Jaya, Salamuddin mengungkapkan, tingginya animo masyarakat dalam membangun kesejahteraan lewat perekonomian berbasis kerakyatan khususnya dari sektor agribisnis dinilai sebagai salah satu pemicu naiknya PAD.

Sebab sejauh ini masih banyak daerah yang memiliki fasilitas mencukupi, namun animo masyarakat minim dalam pembangunan kesejahteraan. Terlebih jika pemerintah kabupatennya tidak mampu memberikan motivasi pengembangan ekonomi kerakyatan kepada masyarakat.

“Kita patut apresiasi naiknya PAD ini, namun harus digarisbawahi juga bahwa pelaku utama naiknya perekonomian, adalah masyarakat,” ujar Salamuddin, di Pidie Jaya, Rabu 17 Juni 2020.

Mendukung berbagai pengembangan daerah, terlebih dalam bidang infrastruktur, komunikasi dan transportasi, sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan alam sehingga dapat memaksimalkan peningkatan perolehan PAD.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pidie Jaya H Said Mulyadi SE MSi, kepada BERITAMERDEKA.net mengatakan, pengembangan ekonomi masyarakat adalah tugas yang akan diemban pemerintah kabupaten.

Sehingga nantinya seluruh kawasan di Pidie Jaya akan semakin maju dan mudah diakses demi percepatan pembangunan perekonomian warga. 

Mengenai besar kecilnya potensi PAD pada suatu daerah dipengaruhi perkembangan ekonomi daerah yang bersangkutan, terutama pada sektor industri dan jasa. Sebab kedua sektor tersebut merupakan basis PAD yang sangat dominan.

“Jadi PAD juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk memunculkan asumsi pertumbuhan ekonomi daerah,“ katanya.| Rusli Ismail |  

Sponsored:
Loading...