Breaking News

Perbanyak Memberi di Bulan Ramadhan

Perbanyak Memberi di Bulan Ramadhan
Prof DR Samsul Rizal

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Pada bulan Ramadhan, sudah seharusnya umat Islam banyak memberi bantuan kepada sesama saudara yang membutuhkan.

Bantuan berupa sedeqah maupun infak akan berlipat nilai pahalanya jika dibanding di luar Ramadhan. Begitu juga dengan memperbanyak amal ibadah seperti tadarus Alquran.

Hal itu dipesankan Prof Dr Samsul Rizal, dalam tausiyahnya pada Subuh berjamaah di Masjid Al-Muhajirin, Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Senin 11 Mei 2020.

Disebutkan Ustaz Samsul Rizal, setidaknya ada empat pilar kebaikan dalam beribadah, yakni mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT, pertama apabila memiliki ada kelebihan harta berbagilah atau bersedeqah kepada siapa yang membutuhkan.

Apalagi di bulan Suci Ramadhan ini, Allah akan melipat gandakan pahala kepada setiap amal ibadah seseorang, maka perbanyaklah member di bulan yang barakah ini.

Kedua katanya, apabila mendapat ujian dan cobaan bersabarlah.

Ketiga, apabila beramal itu harus ikhlas sehingga apa yang dikerjakan menjadi ringan. Sebaliknya, apabila tidak ikhlas maka pekerjaan itu akan menjadi berat, tidak usah mengukur-ukur atas ketaqwaan seseorang.

“Maknya, kerjakanlah sesuatu dengan penuh keikhlasan sehingga Allah akan memberikan keringanan dan kemudahan di dalamnya,“ ujarnya.

Sedangkan pilar keempat adalah apabila berbuat dosa segeralah bertaubat serta membaca atau beristigfarlah.

Kita tidak boleh angkuh dan sombong, perbanyaklah berucap istiqfar, katanya seraya menyebutkan Rusulullah Muhammad SAW saja yang sudah dijamin maksum tidak kurang dalam sehari/semakam ber-istiqfar 100 kali.

Dikatakan, selama ini banyak budaya yang tanpa disadari muncul di kalangan umat Islam, Ramadhan harus diisi dengan konsumsi yang istimewa dan berbeda dengan di luar Ramadhan.

Akibatnya, biaya rumah tangga justru meningkat, karena keinginan untuk memenuhi konsumsi yang dipersepsikan.

“Kita bisa lihat, bagaimana ketika hendak buka puasa segala hal yang diinginkan dibeli. Padahal belum tentu bisa dihabisi semua, sehingga cenderung mubazir,“ ujarnya.

Akan lebih terpuji, tambah Samsul Rizal, jika keinginan konsumtif itu diarahkan pada hal positif, melalui gerakan bersedekah kepada tetangga maupun masjid.

Memberi makan saudara-saudara yang berpuasa melalui pembelian makanan berbuka puasa ke masjid, karena itu amalam mulia.| r ismail |.

Sponsored:
Loading...