Breaking News

Bank Aceh

Penyuluh Agama Mengisi Kajian di Rutan Kajhu

Penyuluh Agama Mengisi Kajian di Rutan Kajhu

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Rapat Koordinasi Penyuluh Fungsional dan Penyuluh Agama Non PNS Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Besar membahas jadwal pengajian di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kota Banda Aceh, Senin 20 Juli 2020, di Masjid Al-Maghfirah Habib Chiek Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar.

Ketua Kelompok Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Kabupaten Aceh Besar, Tgk. Mukam Zahri , S.Ag menyampaikan bahwa rapat bertujuan untuk menjalin silaturahim sesama penyuluh agama.

Sebab tahun 2020 ada Penyuluh Agama Non PNS yang baru, dan belum saling kenal. Selain itu, dalam rapat juga membahas jadwal pengajian di Rutan Kajhu yang diisi secara bergiliran.

Semua penyuluh agama diminta aktif mengisi kajian di Rutan. Terutama Penyuluh Agama Non PNS, sebab akan menjadi nilai tambah saat evaluasi pada akhir tahun.

"Nanti saat dievaluasi akan berada di zona aman", jelas Tgk. Mukam Zahri.

Sedangkan Tgk. Tarmizi M Daud, M.Ag mengatakan pada masing-masing penyuluh agar memilih jadwal dan menentukan pelajaran sesuai keahlian.

Ada empat bidang yang akan diajarkan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kajhu, seperti tauhid, fikih, tasawuf dan baca Quran.

Setiap pengajar diminta menyunsun konsep materi yang akan diajarkan. Nanti semua materi akan dikumpulkan untuk dicetak dan diterbitkan menjadi buku. Kepada pengajar juga diberi sertifikat setiap tahun.

"Setiap tahun diusahakan ada sertifikat dan materi pengajian akan dibukukan", jelas Tgk. Tarmizi M Daud yang juga Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh.

Sesuai hasil rapat, pengajian di Rutan Kajhu akan dimulai 10 Agustus 2020. Pematerinya hanya penyuluh agama dari Kecamatan Baitussalam, Darussalam, Masjid Raya, Kuta Baro dan Krueng Barona Jaya.

Pada akhir acara, Ketua Pokjaluh membagikan sertifikat bagi Penyuluh Fungsional dan Penyuluh Agama Non PNS yang pernah mengisi jadwal pengajian di Rutan Kajhu tahun 2019.

Untuk diketahui, kerja sama Rutan Kajhu dengan Dinas Pendidikan Dayah dan Kemenag Kabupaten Aceh Besar telah berjalan sejak 2019. Kini kerja sama pembinaan rohani warga Rutan kembali diaktifkan.(cam)

Sponsored:
Loading...